PENGARUH STRATEGI SELF CONTROL TERHADAP PERILAKU OFF TASK PADA SISWA SMP

Nuraeni Nuraeni, I Made Sonny Gunawan, Sarilah Sarilah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menegaskan kefektifan dari strategi self control terhadap perilaku off task. Penelitian ini menggunakan rancangan one-group pre-test-post-test design. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa di SMP Negeri 13 Mataram yang terindikasi melakukan perilaku off task dengan kategori tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan sendiri oleh peneliti berdasarkan indikator dari perilaku off task. Analisis data menggunakan statistik uji t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi self control yang di terapkan dalam kerangka konseling kelompok efektif dapat meminimalisir perilaku off task pada siswa.  


Keywords


Self control, perilaku off task

Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Ajzen, I. 2005. Attitudes, personality and behavior 2nd Edition. Open University Press USA.

Calhoun, J.F & Acocella, J.R. 1995, (Satmoko, R.S.) Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Chaplin, J.P. 2005. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Corey, G. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy. California: Brook/Cole Publishing Company a Division of woodsworth Inc.

Fauzan, L. 1992. Pengubahan Kebiasaan Belajar Siswa SMA Dengan Siasat Kelola Diri. Tesis. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Logue, A.W. 1995. Self Control Waiting Until Tomorrow for What You Want Today. New Jersey: Prentice Hall, Univ. Michigan, USA.

Papalia, D.E & Olds, S.W. 2001. Perkembangan Manusia. Jakarta. Salemba Humanika.

Robert, M.L. 2001. Off- Task Behavior in the classroom Applying FBA and CMB. Journal. (Online), www.Guidancechannel.com.

Santrock, J.W. 2007. Child Development, eleven edition. Dallas: Univ. of Texas. McGraw-Hill Companies, Inc.

Sarafino .E.P. 1998. Health Psychology, Biopsychosocial Interaction. Third Editon. New York: John Wiley & Sons Inc.

Skiner, F.B. 1965. Science and Human Behavior. USA: Univ. Michigan, USA.

Sparzo, F.J. & Poteet, J.A. 1989. Classroom Behavior: Detecting and Correcting Special Problems. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke-19). Bandung: Alfabeta.

Sukartini, S.P. 2003. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT IMTIMA.

Suyasa, T.Y.S. 2004. Pengendalian Diri Remaja: Bunga Rampai Psikologi Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Trope, Y., et al. 2000. Counteractive self-control in overcoming temptation. Journal of Personality and Social Psychology, 79 (4), 493-506.

Walker, H.M., Ramsey, E., & Gredham, F.M. 2004. Antisosial, Behavior school. (Online), (http://Online.Sagepub.com).

Workman, E.A. 1982.Teaching Behavioral Self Control To Student. Texas: Published by Pro-ed, University Michigan, USA




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics