PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA

Febi Nura Wiantisa, Akhmad Fajar Prasetya, I Made Sonny Gunawan, Tri Leksono, Yuzarion Yuzarion

Abstract


Tanggung jawab akademik merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap siswa untuk dapat bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan yang dilakukan dalam lingkungan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media website dengan materi yang berisikan pengertian tanggung jawab akademik, indikator tanggung jawab akademik, faktor rendahnya tanggung jawab akademik, manfaat memiliki tanggung jawab akademik, serta cara meningkatkan tanggung jawab akademik. Dalam penelitian ini penggunaan media website dianggap efektif karena dapat memberikan kemudahan bagi pengguan sistem, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, serta dapat memberikan kepuasan bagi pengguna. Penelitian ini menggunakan model Research and Development dengan mengadopsi metode Borg and Gall sampai pada tahap ke lima, yaitu mencari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain media, menguji validitas desain, dan perbaikan desain. Hasil uji validitas ahli menunjukkan pengembangan model ini dalam kategori yang layak pakai. Berdasarkan hal tersebut maka media berbasis website dapat dikatakan layak untuk digunakan.


Keywords


Website, tanggung jawab akademik

Full Text:

PDF

References


Borg, R. & Gall, M.D. 1983.Educational ReseachAn Introduction. White Plain, New York: Longman, Inc.

Budiman, S., & Arif, M. (2017). Keefektifan bimbingan klasikal berbantuan media audio visual dalam upaya mencegah terjadinya pernikahan usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2 (2).

Clemes, H., & Bean, R. (1990). How to teach children responsibility. PSS Adult.

Dyanasta, R. (2015). Keefektifan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Tanggungjawab Akademik pada Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 4(2), 132–146.

Fatimah, D.N. (2017). Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 25–37.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: Alfabeta, 2 (1). Hanim, W., Mamesah, M., & Anzelyna, R. R. (2018). Pengaruh Bimbingan

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37 (1), 15.

Hasugian, P.S. (2018). Perancangan website sebagai media promosi dan informasi. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 3 (1).

Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website pada PDAM Kota Ternate. IJIS-Indonesian Journal On Information Sistem, 3 (1).

Kesuma, C., & Rahmawati, L. (2018). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Purnama 2 Banyumas.

Kusumadewi, K.R., Sedanayasa, G., & Antari, N.N.M. (2014). Efektivitas Konseling Gestalt dengan Teknik “Saya Bertanggung Jawab Atas….” untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2 (1).

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): Why global control is challenging? Public Health, 179, A1.

Meilinda, N. (2018). SOCIAL MEDIA ON CAMPUS: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society and Media, 2(1), 53–64.

Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5 (1), 1–16.

Prawitasari, J.E. (2012). Psikologi terapan melintas batas disiplin ilmu. Jakarta: Erlangga.

Putra, N. (2012). Research & development penelitian dan pengembangan: Suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmatya, M.D., & Faris, M. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMA Pasundan 2 Bandung. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 6 (1).

Rosidah, A. (2017). Layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri siswa underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3 (2), 154–162.

Rustam, K. (2016). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling Vol, 2 (2).

Setyawan, B. (2019). Pengembangan media Google Site dalam bimbingan klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6 (2), 78–87.

Soepeno, B. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2 (1), 63–69.

Suaryana, I., Damayanthi, E., & Merkusiwati, L. (2016b). Kualitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 11 (2), 84–90.

Sudani, N.K., Suarni, N.K., & Setuti, N.M. (2013a). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1 (1).




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics