POLA ASUH AYAH TERHADAP PRILAKU PROSOSIAL ANAK
Abstract
Keterlibatan ayah dalam pengasuhan masih rendah, disebabkan budaya yang berlaku dimasyarakat, yang berangapan bahwa ayah tugasnya mencai nafkah, sementara ibu bertugas mengurus anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh ayah terhadap prilaku prososial anak. Metode yang digunakan literature review dari berbagai jurnal dan buku serta referensi lainya untuk mengetahui sejauhmana keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak terhadap prilaku prososial. Penulis menghimpun beberapa jurnal, buku dan peraturan perundang-undangan mengenai keterlibatan ayah dalam pola asuh, yang selanjutnya di buat kesimpulan. Hasil review menunjukan keterlibatan ayah dalam prilaku prososial anak dilihat dari kuantitas dan kualitas dalam pengasuhan. Intensitas pertemuan ayah dan anak bukan jaminan keberhasilan dalam membangun hubungan sosial akan tetapi sejauhmana kualitas pertemuan yang dibangun antara ayah dan anak dalam proses pengasuhan, kulaitas keterlibatan ayah yang baik dalam pengasuhan dapat meningkatkan prilaku prososial anak, bentuk prilaku prososial yang dimaksud diantaranya jujur, peduli, menolong, berbagi dan bekerjasama. Praktik pengasuhan anak didasarkan pada kebutuhan yang mencakup asah, asih dan asuh, keterlibatan ayah yang aktif dalam pengasuhan memberikan dampak positif pada berbagai aspek termasuk perkembangan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen, B. S., & Daly, K. (2002). Influences of Father Involvement on Child.
Allen, S. M., & Daly, K. J. (2007). The Effects of Father Involvement: An Updated Summary of the Evidence. Work, 7(May), 53. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:The+Effects+of+Father+Involvement:+An+Updated+Research+Summary+of+the+Evidence#1%5Cnhttp://www.fira.ca/cms/documents/29/Effects_of_Father_Involvement.pdf
Arif, F., & Wahyuni, S. (2017). Hubungan Kelekatan Pada Ibu, Ayah, Dan Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Anak Menjadi Pelaku Dan Korban Bullying. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2), 122. https://doi.org/10.24854/jpu22017-100
Aryanti, Y. (2017). Peran ayah dalam pengasuhan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 7(1), 21–24.
Asiabaka, I. P. (2008). The Need for Effective Facility Management in Schools in Nigeria. New York Science JournalNew York Science Journal, 1(2), 10–21.
Asy, H., & Ariyanto, A. (2019). Gambaran Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak (Paternal Involvement) di Jabodetabek. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1), 37–44. https://doi.org/10.15294/intuisi.v11i1.20115
Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2019). Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(3), 91–97. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.41
Fajriati, R. D. (2021). Peran Mindful Parenting terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan. 10(2), 80–92. http://dx.doi.org/10.17977/um023v10i22021p80-92
Fenomenologis, S. K., Astuti, V., & Masykur, A. M. (2015). Abstrak. 4(April), 65–70.
Gunawan, N. A., Nurwati, N., & Sekarningrum, B. (2020). Analisis Peran Gender dalam Pengasuhan Anak pada Keluarga Etnis Jawa dan Sunda di Wilayah Perbatasan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 48. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.15568
Indira, P. M. (2017). Kapasitas Pengasuhan Orangtua dan Faktor-Faktor Pemungkinnya Pada Keluarga Miskin Perkotaan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4433
Ishii-Kuntz, M. (2013). Work Environment and Japanese Fathers’ Involvement in Child Care. Journal of Family Issues, 34(2), 250–269. https://doi.org/10.1177/0192513X12462363
Isnaningsih, A., & Rohman, A. (2019). Participation of Mothers Who Work in Religious Activities Towards Child Behavior. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120
Maulana, R. A., Kurniati, E., & Yulindrasari, H. (2020). Apa Yang Menyebabkan Rendahnya Keberadaan Guru Laki-Laki Di Paud? JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 23–32. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.3
McWayne, C., & Campos, R. (2010). Father Involvement in Early Childhood Education. Encyclopedia of Cross-Cultural School Psychology, 453–456. https://doi.org/10.1007/978-0-387-71799-9_174
Newton, E. K., Laible, D., Carlo, G., Steele, J. S., & McGinley, M. (2014). Do sensitive parents foster kind children, or vice versa? Bidirectional influences between children’s prosocial behavior and parental sensitivity. Developmental Psychology, 50(6), 1808–1816. https://doi.org/10.1037/a0036495
Novela, T. (2018). Dampak pola asuh ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 1–13.
Nurhani, S., & Atika Putri, A. (2020). Keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kemampuan penyesuaian diri anak usia 4-6 tahun. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1654
Parmanti, & Purnamasari, S. E. (2015). The role of fathers in children’s upbringing. JURNAL inSight, 17(2), 81–90.
Pasaribu, R. M., Hastuti, D., & Alfiasari, A. (2013). Gaya Pengasuhan Permisif dan Rendahnya Sosialisasi Nilai dalam Keluarga Berisiko terhadap Penurunan Karakter Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 6(3), 163–171. https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.3.163
Plantin, L. (2018). Fathering, masculinity and the embodiment of care. Community, Work & Family, 21(2), 243–245. https://doi.org/10.1080/13668803.2016.1248274
Pleck, J. H. (2012). Integrating Father Involvement in Parenting Research. Parenting, 12(2–3), 243–253. https://doi.org/10.1080/15295192.2012.683365
Purwindarini, S. S., Hendriyani, R., & Deliana, S. M. (2014). Pengaruh Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Developmental and Clinical Psychology, 1(1), 21–27.
Putri Herlina Aryanti, Eka Oktavianto, Suryati. (2019). Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kelekatan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 83–94. https://doi.org/10.36746/jka.v12i2.45
Scrimgeour, M. B., Blandon, A. Y., Stifter, C. A., & Buss, K. A. (2013). Cooperative coparenting moderates the association between parenting practices and children’s prosocial behavior. Journal of Family Psychology, 27(3), 506–511. https://doi.org/10.1037/a0032893
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Tomasoa, S. J. (2018). Well-Being: Studi sosiodemografi di Ambon. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i2.947
Usmarni, L., & Rinaldi. (2014). Perbedaan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak pada etnis minang ditinjau dari tingkat pendapatan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas …, 5 (1), 43–52. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6639
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 95–106. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.1
Wilson, K. R., & Prior, M. R. (2011). Father involvement and child well-being. Journal of Paediatrics and Child Health, 47(7), 405–407. https://doi.org/10.1111/j.1440-1754.2010.01770.x
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.