EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS X SMKN 2 MATARAM

Reza Zulaifi

Abstract


Rendahnya prestasi belajar merupakan salah satu faktor yang menjadi sorotan dunia pendidikan. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar adalah kecemasan. Pada umumnya, siswa mengalami kecemasan ketika dihadapkan pada pelajaran yang dianggap sulit, berorientasi untuk mendapatkan nilai yang tinggi, guru tegas dalam mengajar, serta cemas ketika menghadapi ujian, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok (CBT) menggunakan teknik self-talk untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa. Penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat tingkat kecemasan akademik yang dialami oleh siswa sangat berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan disain non-equivalent group pretes-posttest design.. subjek dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa yang dipilih secara provosive sampling. Hasil analisis dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-talk efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa.


Keywords


Konseling kelompok, Teknik Self talk, Kecemasan Akademik

Full Text:

PDF

References


Erford, B.T. (2016). 40 Tekhnik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Firmantyo. T & Alsa. A 2016. Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi. 1 (1), 2502-9363.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hashempour. S & Mehrad. A 2014. The Effect Of Anxiety And Emotional Intelligence On Students’ Learning Process. Journal Of Education & Social Policy. 1 (2), 2014

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hatzigeorggiadis. A, 2006. Instructional And Motivational Self Talk: An Investigation On Perseived Self Talk Function. Helenic Journal Of Pshycology. vol. 3. 2006.

Luana, N. A., Panggabean, S., Lengkong, J. V. M., & Christine, I. 2012. Kecemasan pada penderita penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisa di RS Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Media Medika Indonesia. 46 (3), 151-155;

Prawitasari, J.E. 2012. Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta: Erlangga.

Rehman. Atieq U (2016). Academic Anxiety Among Higher Education Students Of India, Causes and Preventive Measures: An Exploratory Study. International Journal of Modern Social Sciences. 5 (2), 102-116.

Videbeck, S, L,. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EG

Wilding, C & Aileen M. 2013. Cognitive Behavioural Theraphy. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics