PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 9 AMPENAN

Isniwati Isniwati

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa Kelas V.B SDN 9 Ampenan. Hal ini terbukti dari hasil yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran berbicara adalah 6,0 dapat dikategorikan cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan karena masih di bawah nilai KKM 6,8. Selain itu, kelemahan dalam pembelajaran ini adalah berasal dari faktor guru dan siswa. Dari faktor guru, dalam kegiatan keterampilan berbicara guru tidak memanfaatkan metode atau teknik yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sedangkan dari faktor siswa, dalam proses pembelajaran berbicara, pembicaraannya tidak sistematis dan sangat sulit dipahami. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V.B SDN 9 AMPENAN tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V.B SDN 9 Ampenan  tahun ajaran 2021/2022 dengan menerapkan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dengan rumus. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V.B SDN 9 Ampenan dapat dinyatakan berhasil karena telah mencapai target. Terbukti dari hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: pada siklus I rata-rata kelas mencapai 66,48 dan ketuntasan belajar mencapai 56,67% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 orang. Pada siklus II rata-rata kelas mencapai 77,22 dan ketuntasan belajar mencapai 90% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 orang. Jadi kesimpulannya dengan penerapan metode Simulasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.


Keywords


Metode Simulasi, Kemampuan Berbicara Siswa.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1995. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1999.Faktor-Faktor dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad G. Maidar, Mukti.1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Musaddat, Syaiful. 2008. Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Keterampialn Berbicara Dengan Strategi Pemodelan Siswa Sekolah Dasar. Malang. Universitas Negeri Malang

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT. BPFE.

Nurkencana, W dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Riyanto,Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: SIC.

Subagio, Joko. P, 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Subana, 2000. Metode Penelitian. Bandung: Mugantara

Sudiana, I Nyoman. 2000. Peningkatan Keterampilan Berbicara. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sudjana. 1989. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Suryaningsih. 2010. Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Role Playing (Bermain peran) Pada Siswa Kelas V/C SDN NO. 09 Ampenan Tahun Ajaran 2009/2010. Mataram: Universitas Mataram

Suyanto. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tarigan, Henry guntur. 2003. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas.

Warsidi, Edi dan Farika. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas Untuk Kelas VI. Jakarta: PT. Jepe Press Media Utama

Wendra, I Wayan. 2006. Keterampilan Berbicara. Singaraja: Undiksha.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics