PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VB SDN 9 AMPENAN
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan tentang pembelajaran Sains di kelas tinggi khususnya di kelas V.B. diketahui bahwa proses pembelajaran lebih dominan dan terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif. Anggapan bahwa Sains pelajaran yang sulit merupakan salah satu penyebab dari rendahnya proses dan hasil belajar siswa, dilakukan kegiatan dengan menerapkan metode pembelajaran Kerja Kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Sains dengan menggunakan metode Kerja Kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V.B SDN 9 Ampenan dengan jumlah siswa 44 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dari siswa diperoleh dari evaluasi hasil belajar dan hasil kerja kelompok LKS. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa di tiap siklusnya, sekurang-kurangnya siswa mendapat nilai >65 dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 67,27 dengan persentase ketuntasan klasikal 68,18% dan rata-rata aktivitas siswa 9,33 dengan persentase 51,83%. Pada sikklus II rata-rata kelas meningkatkan menjadi 78,98 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,36 % dan rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 13,51 dengan persentase 75,05 %. Oleh karena itu, standar ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan yaitu 86% sudah tercapai. Berdasarkan analisa hasil penelitian tersebut penggunaan metode Kerja Kelompok ternyata mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Relajar
Arikunto, S. Dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Aryani, S, Al. 2007. Penggunaan Metode Numbered Head Together untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Blajar Biologi Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Labuapi TA. 2006/2007. Unram : Skripsi
Chairunnisa, 1. 2006. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Pembelajaran dengan Metode Penemuan di Kelas II B semester. II SMPN 12 Mataram TA 2005/2006. Unram : Skripsi
Depdiknas. 2007. Belqjar dan Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Djarnarah, S. B. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha nasional
Hamalik, Omar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara .2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasniati. 2007. Efektifitas Pembelajaran Partisipatif Menggunakan Teknik Pemecahan Masalah Iritis (critical incident) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMPN I Mataram TA 2006/2007. Unram : Skripsi
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hidayati, L. 2007. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas 1 SMPN 9 Mataram TA 2006/2007. Unram : Skripsi
Moedjiono dan Dimyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud. Ditjen Pendidikan Tinggi. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nurkancana, W, & Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Sagaia. Saiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Slameto. 1988. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sumaji, dkk. 2003. Pendidikan Sains Yang Humanistis. Yogyakarta : Kanisius. Suprijono,
Tola, B. 2003. Standar Penilaian di Kelas. Jakarta. Departemen Agama RI
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.