PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN LUAS BANGUNAN DATAR DI KELAS VI A SDN 9 AMPENAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Arifin. 1990. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Sautu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara
Chotimah, Husnul. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: SuryaPena Gemilang
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP kelas IV. Jakarta: Depdikbud
Dimmyati. 1994. Belajar dam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.
Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)
Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hasanah, Uswatun. 2003. Peningkatan Prestasi Belajar pada Pokok Bahasan Garis-garis Sejajar melalui Penerapan Pembelajaran Tipe STAD pada Siswa Kelas VI.AIII SMPN 15 Mataram. Skripsi. Universitas Mataram: FKIP
Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Ibrahim, M. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Isrus. Agil. 2009. Modul Starategi Pembelajaran PLPG. Universitas Mataram: Panitia PLPG
Latjompoh, Marsa. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMU Pokok Bahasa Sistem Koordinasi Berorentasi Strategi Belajar. Tesis Sarjana Yang Tidak Dipublikasikan. Surabaya: UNESA
Lie, A. 2003. Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widya Sarana Indonesia
Nurhadi. 2004. Kurikulum2004. Jakarta: Grasindo
Sadirman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suarjana, Made. 2002. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 4 Mataram. Skripsi. Universitas Mataram: FKIP
Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Seti.
Subarinah, Sri. 2007. Inovasi Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Diknas
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.