PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN LUAS BANGUNAN DATAR DI KELAS VI A SDN 9 AMPENAN

Baiq Karni Apriani

Abstract


Proses pembelajaran yang didominasi dan terpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Untuk Mengarasi hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep matematika yang abstrak serta dapat mengajak siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan luas bangun datar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus melalui tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI.A SDN 9 Ampenan yang berjumlah 37 orang siswa terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar obsevasi, tes hasil belajar siswa dan hasil kerja kelompok dengan menggunakan LKS. Penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa ditiap siklusnya dan sekurang-kurangnya siswa dapat nilai 65 dan ketuntasan belajar mencapai 85 %. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas 72,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,27%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 77,29 dengan persentase ketuntasan klasikal 89,18% dan sudah tercapai ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. Berdasrkan hasil penelitian dan ketercapaian indikator dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada pokok bahasan luas bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI.A SDN 9 Ampenan.

Keywords


Prestasi belajar kooperatif, STAD dan luas bangun datar

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arifin. 1990. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Sautu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara

Chotimah, Husnul. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: SuryaPena Gemilang

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP kelas IV. Jakarta: Depdikbud

Dimmyati. 1994. Belajar dam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasanah, Uswatun. 2003. Peningkatan Prestasi Belajar pada Pokok Bahasan Garis-garis Sejajar melalui Penerapan Pembelajaran Tipe STAD pada Siswa Kelas VI.AIII SMPN 15 Mataram. Skripsi. Universitas Mataram: FKIP

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ibrahim, M. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Isrus. Agil. 2009. Modul Starategi Pembelajaran PLPG. Universitas Mataram: Panitia PLPG

Latjompoh, Marsa. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMU Pokok Bahasa Sistem Koordinasi Berorentasi Strategi Belajar. Tesis Sarjana Yang Tidak Dipublikasikan. Surabaya: UNESA

Lie, A. 2003. Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widya Sarana Indonesia

Nurhadi. 2004. Kurikulum2004. Jakarta: Grasindo

Sadirman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suarjana, Made. 2002. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 4 Mataram. Skripsi. Universitas Mataram: FKIP

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Seti.

Subarinah, Sri. 2007. Inovasi Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Diknas




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics