HUBUNGAN KESETABILAN EMOSI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA NEGERI KOTA MATARAM

Hariadi Ahmad, Mustakim Mustakim

Abstract


Siswa dapat memilih karirnya secara tepat apabila ada dukungan dari faktor-faktor yang mempengaruhi tetapi apabila faktor tersebut tidak mendukung maka ketepatan pemilihan karir siswa tersebut akan terhambat tidak dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Kestabilan emosi adalah keaadaan individu yang memiliki emosi yang matang ketika mendapatkan rangsangan dari luar tidak menimbulkan gangguan emosional, memiliki keseimbangan yang baik dan mampu menghadapi segala sesuatu dengan kondisi emosi yang tetap. Pengambilan keputusan karir adalah suatu proses seleksi atau pemilihan dari beberapa alternatif pilihan karir yang ada, berdasarkan hasil pemahaman diri dan pemahaman karir serta perilaku. Jumlah populasi sebanyak 378 siswa. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus product moment. Bedasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai rxy lebih besar dari nilai r product moment (rxy 0.339 > r product moment 0,235) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai rxy yang diperoleh dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Ada Hubungan Kesetabilan Emosi terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA Kota Mataram dengan demikian dalam penelitian ini dinyatakan Signifikan.

Keywords


Kesetabilan Emosi dan Keputusan Karir

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2015. Bimbingan dan Konseling di Tamam Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group

Ayu, I. G., Pradnya, A., Suardikha, I. M. S., Ayu, I. G., & Budiasih, N. 2003. Pengaruh big five personality pada kinerja auditor kantor akuntan public Provinsi Bali, 19 – 27.

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia

Gati, I., Gadassi, R., & Shemesh, N. 2006. The predictive validity of a computer- assisted career decision-making system: A six-year follow-up. Journal of Vocational Behavior, 68 (2), 205–219.

Gati, I., Krausz, M., & Osipow, S. H. 1996. A taxonomy of difficulties in career decision making. Journal of Counseling Psychology, 43(4), 510–526.

Germeijs, V., & Verschueren, K. 2006. High school students’ career decision- making process: A longitudinal study of one choice. Journal of Vocational Behavior, 68 (2), 189–204.

Germeijs, V., & Verschueren, K. 2007. High school students’ career decision- making process: Consequences for choice implementation in higher education. Jaurnal of Vocational Behavior, Nomor 70 Volume 2 Hal. 223-241.

Gerungan, WA. 2009. Psikologi Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama

Goleman Daniel. 1999. Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi (penerjemah Alex Tri Kantjo Widodo). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. 1997. The groundbreaking book that redefines what it means to be smart, Emotional Intelligence Why it can matter more than IQ. The 10th anniversary edition. New York. Bantam Books.

Goleman, D. 2001. Working Whit Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta. PT Garamedia.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Maharani Chrystie Widanti, Tuti Hardjajani, N. A. K. 2002. Hubungan Antara Kestabilan Emosi dengan Problem Solving pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 121 – 132.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karier Di Sekolah. Jakarta: Jalan Pintu Satu.

Nurniningsih. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Pengendalian Emosi Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas Viii SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP Mataram. Mataram.

Patton, W., & Mc Mahon, M. 2001. Career Development Programs: Preparation for lifelong career decision making. (A. C. for E. R. Ltd, Ed.). Melbourne

Rahmania Nurhida. 2018. Pengaruh Konseling Realita Terhadap Kecemasan Dalam Menentukan Bakat Minat Pada Sisiwa Kelas X Sma Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP Mataram. Mataram.

Reni Indra Astuti. 2017. Hubungan Antara Keluarga Broken Home Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Di SMAN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2017/2018. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP Mataram. Mataram.

Robbins P. Stephen & Judge A. Timothy. 2008. Perilaku Organisasi Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Santrock, J. W. 2003. Perkembangan Masa Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sharf. 1992. Applying Career Development Theory of Counseling. California: Wadswort, inc.

Sharma, D. 2011. Emotional maturity of ICDS and Non-ICDS children: a comparative study. Journal of research in peace, gender and development, 11(1) 320-323.

Simmons, J. & Husen, T. 1980. The Education Dilemma Policy Issues for Developing Countries. Oxford. Pergamon Press.

Stephen P. Robbins & Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Suryabrata, S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali.

Zunker, V. G. 2006. Career counseling: a holistic approach. (L. Gebo, Ed.). Singapore: Thomson.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics