PENGARUH LAYANAN CYBER COUNSELING TERHADAP PENGGUNAAN GADGET ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ALANG-ALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan cyber counseling terhadap penggunaan gadget pada anak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hubungan layanan cyber counseling terhadap penggunaan gadget pada anak usia 4 – 6 tahun di PAUD Alang-Alang Ampenan Mataram. Penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat penerapan dari layanan cyber counseling akan sangat berpengaruh terhadap informasi terkait penggunaan gadget pada anak. Karena keberhasilan pada tahun pertama pertumbuhan dan perkembangan anak sangat menentukan hari depan anak tersebut. Selain itu dengan diadakannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pengetahuan tentang bagaimana hubungan layanan cyber counseling terhadap penggunaan gadget pada anak bagi masyarakat secara luas maupun bagi calon peneliti yang tertarik pada bidang parenting. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian semi korelasional, dengan pendekatan kuntitatif kualitatif. Penelitian ini meneliti hubungan layanan cyber counseling terhadap penggunaan gadget pada anak kemudian hasil penelitian ini nantinya akan dihubungkan dengan teori-teori yang ada pada tinjauan pustaka. Adapun yang dijadikan sebagai subyek penelitian ini adalah kelompok orang tua dari anak usia dini di PAUD Alang-Alang Ampenan Mataram yang berusia antara 4 – 6 tahun yang berjumlah 40 orang. Sementara variable atau bahan kajian dari penelitian ini adalah layanan cyber counseling (variable X) dan penggunaan gadget pada anak (variable Y).
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi Abu, 1991. Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. II
Alia Tesa, 2018. “Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital”. journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot, Vol, 14 No. 1 .
Amani, Nasanin. Investigating The Nature, The Prevalence, And Effectiveness Of Online Counseling, A Thesis, Department of Educational Psychology, Administration and Counseling, (California State university Long Beach, 2007)
Anggraini Aisyah dan Hendrizal, 2018.“Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA”, Jurnal PPKn & Hukum, Vol. 13 No. 1
Basrowi, dan Suswandi, 2008. MemahamipenelitianKualitatif, Jakarta :Rineka Cipta.
Belkin, Gary S. Practical Counseling in the School. (USA: Wm. C. Brown Company
Businessdictionary. http://www.businessdictionary.com/definition/online.
Departemen Agama RI, 2005. Aliyy Al-Qur’an dan Terjemahanya, Bandung: CV. Diponegoro.
H. Introduction to Counseling and Guidance. (New York: Macmillan Publisher.2008).h.215.
Haberstroh, S., & Duffey, T. (2011). Faceto- face supervision of online counselors: Supervisor perspectives. Retrieved from, http://counseling, 2011
Hadi Sutrisno, 1990. Metodologiriset, Yogyakarta: Andi offset
Hannan Athiyah Ath-Thuri, 2007. Mendidik Anak Perempuan Di Masa Remaja, terj. Aan Wayudin, Jakarta: Amizah.
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.
Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.
Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.
Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram
Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)
Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.
Hendi dan Rahmadani Wahyu Suhendi, 2000. Pengantar Studi Sosiolog Keluarga, Bandung: CV Pustaka Setia.
Hibana S, Rahman, 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta : PGTK Press.
Hidayah Rifa, 2009. Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN Malang Press.
Ifdil. Pelayanan e-Konseling (Pengolahan Hasil Pengadministrasian Alat Ungkap Masalah (AUM)dengan Menggunakan Program Aplikasi. Paper Persented at the SeminarInternasional Bimbingan dan Konseling Dalam rangka Kongres XI dan Konvensi Nasional XVI ABKIN.2009.h.3.
Kemendiknas, 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14, Jakarta: Depdiknas.
Koutsonika, Helen (2009) ECounseling: the new modality. Online Career Counseling- achallenging opportunity for greek tertiary education. In: Proceedings of theWebSci’09: Society On -Line, 18-20 March 2009 Athens, Greece. (In Press).
M. Solehuddin dkk, 2013. Pembaharuan Pendidikan TK, Penerbit Universitas Terbuka Jakarta, cet. Ke-15.
Mallen, Michael J. David L. Vogel, dkk. Online Counseling, Reviewing the Literature From a Counseling Psychology Framework:, The Counseling Psychologist, Vol. 33 No. 6, November 2005. Houston: the Society of Counseling Psychology National Board for Certified Counselors, Inc. and Center for Credentialing and Education, Inc., (tt) The Practice of Internet Counseling.2011.
Mansur, 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Mardalis, 2004. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, Edisi ke 1 Cet ke 7.
Margono,2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta : Rineke Cipta.
Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan,2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta : Galung Persada Press.
Maulida dalam Beauty Manumpil, Yudi Ismanto, Franly Onibala. 2015. “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado”. E-journal Keperawatan (e-Kep) Volume 3. Nomor 2. April 2015
Maya Ferdiana Rozalia, 2017. “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Volume 5, Nomor 2, September 2017
Miles,M.B&Huberman,A.M, 1984. Qualitative Data Analisis:A Sourcebook of New Methods. California:Sage Publications.
Nikmah Astin, 2013.“Dampak Penggunaan HandphoneTerhadap Prestasi Siswa”. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Vol.5, 2013
Nusa Putra Ninin Dwilestari,2012. Pendidikan Kualitatif PAUD, Jakarta Raja Grafindo Persada.
Palmer, Stephen., McMahon, Gladeana. 1989. Handbook of ounseling. Routledge: London and Newyork.218.
Pangastuti Ratna, 2017. “Fenomena Gedget dan Perkembangan sosial bagi Anak Usia Dini”, journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 2 Nomor. 2, Desember 2017
Pattlima Hamid, 2005. MetodePenelitisnKualitatif, Bandung: Alfabeta.
Prayitno dan Erman Amti. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. (Jakarta Renika Cipta, 2004) h. 25.
Prayitno dan Erman Amti. Dasardasar Bimbingan dan Konseling. (Jakarta Renika Cipta, 2004) h. 201.
Prayitno. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. (Padang, UNP Perss.2012) h.136.
Prayitno.Konseling Pancawaskita (Kerangka Konseling Eklektik). (Padang:BK FIP UNP, 2011) h.25.
Prayitno.Wawasan Profesional Konseling. (Padang.UNP Perss.2009) h.19.
Publishers, 1975) h.216.
Puji Asmaul Chusna, 2017. “Pengaruh Media Gagdjet Pada Perkembangan Karakter Anak” Vol. 17, No. 2, November 2017
Putri Hana Pebriana, 2017. “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017.
Rakhmat Jalaluddin, 1994 Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. 2
Ramayulis, 1987. Pendidikan Islam Dalam Rumah Tangga, Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek, Edisi 6 cet ke 2 Jakarta : Renika Cipta.
Suyadi, Maulidya, 2013. Konsep Dasar PAUD, Bandung: Rosdakarya.
Syah Muhibbin, 2003. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Tesa Alia & Irwansyah, 2018. Peranan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital, A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT Vol.14 No.1 Januari 2018
Triwulanan Booklet BPS, 2014. “Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia”. Jakarta : Badan Pusat Statistik
Undang-undan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: CV. Medya Duta
Widianto Edi 2015. “Peranan Orang dalam pendidikan karakter anak usia din dalam keluarga”.Jurnal PG-PAUD. Vol . 2 No 1 April 2015
Witarsa Ramdhan Dkk, 2018. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial siswa sekolah dasar” PEDAGOGIK Vol. VI, No. 1, Februari 2018.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.