EFEKTIVITAS KONSELING GESTALT UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA REMAJA KORBAN BULLYING : LITERATURE REVIEW

Sovina Dhiya' Ulhaq

Abstract


Pada saat ini, terdapat banyaknya permasalahan yang dialami oleh remaja, salah satunya rendahnya self esteem atau harga diri. Hal tersebut dikarenakan para remaja cenderung sulit untuk menerima kekurangan pada diri sendiri sehingga menimbulkan perasaan inferior, kurangnya rasa percaya diri, tidak ada kemauan untuk mengembangkan diri, dan lain sebagainya. Sehingga permasalahan yang cukup penting ini perlu membutuhkan sebuah solusi untuk menyelesaikannya, salah satunya dengan menggunakan konseling gestalt. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas konseling gestalt untuk meningkatkan self esteem pada remaja korban bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review. Berbagai sumber yang relevan terhadap topik penelitian dikumpulkan kemudian dilakukan analisis. Sehingga pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling gestalt mampu diterapkan dan efektif untuk meningkatkan harga diri pada remaja korban bullying.

Kata Kunci : Konseling gestalt, self esteem, bullying


Full Text:

PDF

References


Afifah, A. N. N., Rahardjo, S., & Mahardika, N. (2021). Konseling Gestalt Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia 4.1, 4(1), 123–129.

Aini, D. F. N. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 36–46. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/5901/5442

Angelina, P., Christanti, F. D., & Mulya, H. C. (2021). Gambaran Self Esteem Remaja Perempuan yang Merasa Imperfect Akibat Body Shaming. 9(2), 94–103.

Anyamene, A., & Chinyelu, N. (2016). Effects of Assertive Training on the Low Self-Esteem of Secondary School Students in Anambra State. 4(1), 65–78.

Aunillah, & Adiyanti. (2015). Program Pengembangan Keterampilan Resiliensi Untuk Meningkatkan Self- Sosial-Ekonomi Rendah. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology, 1(1), 48–63.

Bethesda, K. R. (2020). Rendahnya Self Esteem Pengaruhi Kesehatan Mental. Diakses pada 22 Juni 2022. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/246055

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Capuzzi, D., & Stauffer, M. D. (2016). Counseling and Psychotherapy Theories and Interventions. Wiley.

Cholid, N. (2018). Konseling Gestalt Berbasis Islam dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Regulasi Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Falaah Pandak Bantul Yogyakarta. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 219–240. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.772

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Cengage Learning.

Ekasari, M. F. (2022). Latihan Keterampilan Hidup Bagi Remaja. Wineka Media.

Febristi, A., Arif, Y., & Dayati, R. (2020). Faktor Sosial dengan Self Esteem (Harga Diri) Pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Kebidanan, 6(1), 48–56.

Fitra, N. A. (2021). Hubungan Self-Esteem dan Body Image Remaja Putri di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA ). 3(2), 84–93.

Harahap, M., Wibowo, M. E., & Mulawarman, M. (2021). Efektifitas Konseling Kelompok Gestalt Teknik Empty Chair dan Role Revelsal untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 142–147. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.1990

Hasanah, K. (2016). Teori Konseling (Suatu Pendekatan Konseling Gestalt). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(2), 108–123.

Hill, M. (2015). Communication Works Eleventh Edition. McGrawHill Education.

Jamila, Hasibuan, T., & Ngayomi Yudha Wastuti, S. (2021). Bimbingan Dan Konseling Untuk Studi Kasus Siswa Di Sekolah. umsu press.

Jufri, F., & Karneli, Y. (2021). Konstribusi self esteem terhadap perilaku bullying siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 62. https://doi.org/10.29210/3003750000

Kasih, A. P. (n.d.). 41 Persen Murid Indonesia Alami “Bully”, Siswa SMA Buat Aplikasi Atasi Trauma. Diakses pada 22 Juni 2022. https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/20/084259871/41

Khairat, M., & Adiyanti, M. G. (2016). Self-esteem dan Prestasi Akademik sebagai Prediktor Subjective Well-being Remaja Awal. Jurnal Psikologi UGM, 1(3), 180–191.

Lesmana, G. (2021). Teori dan Pendekatan Konseling. umsu press.

Lestari, L. M., Baharudin, Y. H., & Dwiyanti, A. N. (2021). Efektivitas Konseling Gestalt menggunakan Teknik Empty Chair untuk Meningkatkan Self Esteem pada Peserta Didik Korban Bullying. Ojs.Fkip.Ummetro.Ac.Id, 3(1), 4–10. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/555

Masrukoyah, E. (2018). Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Smp Korban Bullying. Quanta, 2(3), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Mujahidin, E., Rahman, I. K., & Aqilah, F. N. (2020). Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Gestalt Profetik (G-Pro) Untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa Di SMA Ibnu ‘Aqil. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 99–126.

Nurazizah, N. N., Japar, M., & Yuhenita, N. N. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Gestalt Dengan Teknik Pembalikan Untuk Mengurangi Inferioritas Remaja. 229–236.

Paramartha, W. E., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2017). Gestalt Counseling with Dialog Game Techniques and Hipno Counseling Techniques for Self Achievement. Bisma The Journal of Counseling, 1(1), 39. https://doi.org/10.23887/128322017

Rahman, I. K. (2017). Gestalt Profetik ( G-PRO ) Best Practice Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Sufistik. Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 151–172.

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16. https://doi.org/10.29210/120182133

Sary, Y. N. E. (2017). Perkembangan Kognitif dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. 1(1), 6–12.

Sidabalok, R. N., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Optimisme dan Self Esteem pada Pelajar Sekolah Menengah Atas. 3, 48–58.

Susanto, A. (2021). Bimbingan dan Konseling di Sekolah : Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Prenada Media Group.

Trinurmi, S. (2021). Teknik Terapi Kelompok (Group Theraphy). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 8(1), 22–34.

Vohs, K. D., & Baumeister, R. F. (2016). Handbook of self-regulation: Research, theory, and applications. Guilford Publications.

Wahid, S. H. (2021). A Tool Kit for Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Jurnal) Plus Analisis Data. Q Media.

Yusuf, S. (2016). Konseling Individual Konsep Dasar dan Pendekatan. PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.5545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics