PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA

M. Najamuddin Najamuddin

Abstract


Abstrak. Masalah penelitian ini adalah keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang rendah dan guru kurang menerapkan teknik role playing dalam kegiatan pembelajaran.komunikasi interpersonal terbina jika seseorang memiliki sikap positif terhadap diri mereka sendiri. Kedua, perasaan positif untuk situasi komunikasi pada umumnya sangat penting untuk berinteraksi yang efektif. Oleh karena itu perlu di adakannya teknik role playing, karena teknik role playing merupakan setrategi mengajar membantu masing-masing siswa untuk mengembangkan dan membantu memecahkan masalah pribadi dengan bantuan kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah Ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Keterampilan komunikasi interpersonal siswa Kelas VII SMPN 6 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Keterampilan komunikasi interpersonal siswa Kelas VII SMPN 6 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 104 Siswa dan sampel yang digunakan dalam peneltian ini sebanyak 8 siswa.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap, analisis data menggunkan rumust-test, hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 5,397, sedangkan nilait-test dalam tabel dengan taraf signifikan 5% dan N=7 adalah 2,365 atau (5,397>2,365). Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t-test yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar daripada nilai t dalam tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya: Adanya Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Keterampilan komunikasi interpersonal siswa Kelas VII SMPN 6 Taliwang Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan.

 

Kata Kunci : Role Playing, Komunikasi Interpersonal


Full Text:

PDF

References


Azwar, 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Intan Ratnafuri Hardianti, 2010/2011. Peningkatan kemampuan komuikasi matematika melalui srategi pembelajaran role playing bagi siswa kelas III semester Genap SD Negeri banyuagung 2 surakarta.

Jalaluddin, 2012. Psikologi komunikasi. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Khairani Makmun: 2015. Psikologi komunikasi dalam pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja pressindo.

Komalasari Kokom: 2017. Pembelajaran Kontektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Laksana Muhibudin Wijaya, dkk: 2015. Psikologi Komunikasi, membangunkomunikasi yang efektif dalam interaksi manusia. Bandung. Cv pustaka setia.

Lilies Ratna: 2013. Teknik-teknik konseling. Cv Budi Utama.

Masturi Ade. 2010. Membangun Relasi Sosial Melalui Komunikasi Empatik

Reny Handayani, 2010/2011. Penerpan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas V SDN pelemgadung 1 karang malang sragen.

Sitompul Dian Novianti. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan BimbinganKelompok Teknik Role-Playing Terhadap Prilaku Solidaritas SiswaDalam Menolong Teman Di SMANegeri Rantau Utara T.A 2014/2015.

Sudirman. 2011. Pendidikan Keterampilan (Online). Diakses pada Tanggal 24 Juli 2019 Pukul 19.00 WITA.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta

Taniredja Tukiran. dkk. 2015. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif.Bandung. Alfabet.

Wulansari Hertina, 2013. Hubungan antara Komunikasi yang Efektif dan harga Diri dengan Kohesivitas Kelompok pada Pasukan Suporter Solo Sejati (Paseopati).

Yustian Yunus, dkk. 2013. Efektifitas Model Pembeljaran Role Playing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Kisah Hijrah Pada Mata Pelajaran PAI di SMP 7 Bandung.

Yusuf Muri, 2014. Metode Penelitian. Prenadamedia Group: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics