MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASIC LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SDN 3 KETANGGA

Khairul Huda, Ahmad Zainul Irfan

Abstract


Abestrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Ketangga dikarenakan proses pembelajaran kurang maksimal akibat penutupan sekolah secara regional yang disebabkan maraknya wabah COVID-19 dan karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 3 Ketangga Tahun Ajaran 2021/2022. Sehingga membuat hasil belajar IPA Rendah, oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi dan menarik perhatian siswa, salah satunya dengan menerapkan metode Project Basic Learning. Dengan menerapkan metode Project Basic Learning tersebut diharapkan siswa mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru sehingga mendorong keberhasilan siswa dalam menguasai materi khususnya Sistem pernapsan Hewan dan Manusia dan meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Ketangga pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan dalam siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Basic Learning Dapat Meningkatkan Hasil belajar IPA Materi system hewan dan manusia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ketangga. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 59,6 dengan
ketuntasan klasikal 48 %, Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar
80,6 dengan ketuntasan klasikal 96 %.


Kata kunci: Metode Project Basic Learning, Pandemi COVID-19, Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Suhardjono.Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Abdi Rizka.2016 .Skripsi.

Boss, Suzie.,& Krauss, Jane. 2007.Reinventing Project Based Learning :

YourField Guide To Real World Projects In TheDigital Age. International

Sciety forTechnology In Education

Buck Institute for Education. 1999. Project Based Learning. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2021 (http: //www.bgsu.edu/organization/elt.proj.html Bundu, patta.2016.

Depdiknas.Permen Diknas No. 20 Tahun 2003. Tentang system Pendidikan.Jakarta: Depdiknas. 2003

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd.UIN Sunan Kalijaga.

Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta : Depdiknas

Sagala syaiful, M.Pd. 2003.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta.

Slameto.Belajar dan Faktor factor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif

dan R&D.Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics