HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRINGGARATA

Ni Ketut Alit Suarti, Farida Herna Astuti

Abstract


Berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Negeri 1 Pringgarata dianggap masih banyak siswa yang kurang memiliki pemahaman Self-control. Kurangnya pemahaman Self-control tersebut dibuktikan dengan adanya gejala perilaku negatif yang dialami siswa, dalam hal behavior control, yaitu kurangnya sikap sopan santun kepada guru, sikap dalam bergaul dengan teman-temannya yang kurang memiliki etika serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola emosinya. Dalam hal cognitive control, yaitu kurang dapat memahami keadaan orang lain, kurangnya pemikiran yang matang sebelum melakukan suatu tindakan, selalu bersikap tergesa-gesa dalam melakukan kegiatan. Dalam hal decision control, seringkali tidak dapat mengikuti keinginan sendiri atau perilakunya sangat terpengaruh oleh keadaan lingkungan sekitarnya, tidak bisa menolak semua ajakan teman baik itu positif atau negatif untuknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara Self-Control dengan Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode utama dan metode observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis statistik menggunakan rumus Product moment. Berdasarkan hasil dari analisis data bahwa analisis nilai  yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,324 sedangkan nilai  dalam tabel angket batas penolakan hipotesis nihil (Ho) dengan taraf signifikan 5% dan N-1=46 adalah 0,324 > 0,291 kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai  yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai  tabel, maka dapat dikemukakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada hubungan antara Self- Control dengan Kecanduan Media Sosial Pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2021/2022. Sehingga hubungan antara Self- Control dengan Kecanduan Media Sosial Pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2021/2022. “Signifikan”.

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Asrori, M. (2006) Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Ghufron M.N &Risnawati R.S. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruz Media.

Gibson RL. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68

KKBI 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://www.depsos.go.id/ diakses pada tanggal 8 Desember 2021 pukul 21.15 WITA).

Septiana Wulandari . 2018. MEDIA SOSIAL DAN PERUBAHAN PERILAKU BAHASA. Program Studi Ilmu Komunikasi. FISIP Universitas Baturaja. Baturaja

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics