UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENULISAN BENTUK SOAL PILIHAN GANDA ABAD 21 BERBASIS KKG SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SD NEGERI 10 AMPENAN MELALUI PENDAMPINGAN KLASIKAL DAN INDIVIDUAL

Baiq Fitriah

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelaksanaan pendampingan klasikal dan individual dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru di SD Negri 10 Ampenan dalam penulisan bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan beberapa kajian pustaka, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: pelaksanaan pendampingan klasikal dan individu dapat meningkatkan kompetensi Guru di SD Negeri 10 Ampenan dalam penulisan bentuk soal pilihan ganda. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus dua pengamatan kegiatan kepala sekolah diproleh skor rata-rata 4,67, pengamatan kegiatan guru memperoleh skor rata-rata 4,50 sedangkan hasil kerja individual dalam penulisan soal pilihan ganda memperoleh skor rata-rata 94,40. Indikator keberhasilan untuk pengamatan/observasi ≥ 4,00 dan nilai kerja individual ≥ 85,00. Indikator keberhasilan telah terpenuhi. Penelitian tindakan sekolah (PTS) dihentian pada siklus kedua dengan hasil sangat memuaskan. Beberapa kendala/hambatan selama penelitian dapat diatasi dengan baik, sehingga dalam pencapaian indikator dengan cepat terpenuhi. Disarankan kepada Kepala Sekolah yang lain untuk mengadakan penelitian sejenis dalam upaya dalam meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah yang professional.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pendampingan Klasikal dan Individual

Full Text:

PDF

References


Arikanto, S, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas, 2007, Panduan Penulisan bentuk soal pilihan ganda, Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hartinah, S, 2009, Konsep Dasar Bimbingan Kelompok, Bandung: Pelita Aditama

Kementerian Nasional, 2011, Buku Kerja Kepala Sekolah, Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Kementerian Nasional, 2011, Pedoman Kegiatan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

Nala Indra Dewa, 2018, Sistem Penilaian Pembelajaran, dalam http://nala-indra-dewa.blogspot.com/2011/05/sistem-penilaian-pembelajaran.html, diambil tanggal 20 Januari 2019, pukul 20.00 wita.

Nana Sudjana, 2009, Penelitian Tindakan Kepala Sekolah Konsep Dan Aplikasinya Bagi Kepala Sekolah Sekolah, Jakarta: LPP Bina Mitra.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Radno Harsanito, 2007, Pengelolaan Kelas yang Dinamis, paradigma baru pembelajaran menuju Kompetensi Siswa, Yogyakarta: Kanisius.

Sardiman, 1996, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru, Jakarta: Ocafindo.

Sofyans, 2007, Konseling Individual Teori Dan Praktik, Bandung: Alfabeta.

Suhardjono, 2006, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Bumi Aksara.

Suhardjono, 2009, Melaksanakan Sekolah Sebagai kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala Sekolah Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Suhardjono, dkk, 2012, Publikasi Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru, Jakarta: Cakrawala Indonesia.

Suparta-Harry Noer Aly, 2003, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Amisscd.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

User Usman, 2001, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wiraatmadja, 2007, Meteode Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala Sekolah Sekolah, Jakarta: Dirjen PMPTK.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics