PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN SISWA SMA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Hariadi Ahmad

Abstract


Media visual suatu alat informasi yang berbentuk gambar yang dapat mempengaruhi halayak banyak yang digunakan untuk menginformasikan suatu informasi yang akan disampaikan seperti poster pendidikan, kesehatan, teknologi dan sosial. Sikap kemandirian suatu perbuatan yang dimiliki oleh seseorang dalam menentukan nasibnya sendiri serta bertanggung jawab atas dirinya sendiri sehingga mampu mengelola dirinya menjadi mandiri dan dapat memecahkan masalahnya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah ada pengaruh media visual terhadap sikap kemandirian siswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh media visual terhadap sikap kemandirian pada siswa Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA sejumblah 107 siswa, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis statistik dengan rumus t test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini t hitung lebih besar dari t tabel (11,049>2,145) dengan demikian penelitian ini signifikan sehingga kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh media visual terhadap sikap kemandirian pada siswa SMA Kabupaten Lombok Barat.


Full Text:

PDF

References


Andi. 2014. Ragam Desain Poster dan Iklan dengan CorelDraw dan Adobe Photoshop: Wahana Komputer: Semarang

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Pt. Remaja Rosdakarya: Bandung

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Sugiyono.2014. metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Pt. Rineka Cipta: Jakarta

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatun Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Tiyanto. 2013. “pengaruh model pembelajaran kumon berbantuan media poster bervisi sets terhadap pencapaian kompetensi”. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics