PENGARUH BIMBINGN KELOMPOK TERHADAP KURANGNYA SIKAP ASERTIF SISWA

Ni Made Sulastri

Abstract


Abstrak : Bimbingan kelompok yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu terutama dari pembimbing atau konselor yang berguna untuk menunjukan kehidupannya sehari-hari, baik menjadi individu ataupun sebagai pelajar, dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kurangnya sikap asertif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan desain penelitian one group pree test dan post test design. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan bab iv maka dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap kurangnya sikap asertif siswa. Dengan kata lain bahwa hipotesis nol (ho) ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 7,856 dan nilai tabel dengan signifikan 5% dengan n= 10 lebih besar dari nilai tabel yaitu (7,856>2,262) sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan”

Kata kunci : bimbimgan kelomok, sikap asertif


Full Text:

PDF

References


Ahmad Juntika Nurihsan. 2006. Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arifin, 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamzah & Ismail. 2008. Asertivitas. Bandung: PT.Refika Aditama.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2022. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hartinah DS,Siti. 2009. konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Khairul Tamini Hasibuan. 2018. “Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prilaku Asertif Remaja Masjid Kecamatan Kampong Rakyat”

Muhammad Syahrul. 2015. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Siswa”

Notoatmodjo. 2010. Instrumen penelitian kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurningsih. 2011. “Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan kecerdasan Emosional Siswa”

Prayitno. 2012. Jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ruhfina. 2011. Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono,. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantItatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling disekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Tim Penyusun Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. 2011. Pedoman Pembibingan dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram.

Undang-Undang Sisdiknas. UU RI. No. 20. th. 2003. Jakarta. Sinar Grafika. Erlando doni sirait, 2016. Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics