MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN BERBASIS KKG BAGI GURU KELAS SD NEGERI 10 AMPENAN SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Baiq Fitriah

Abstract


Abstrak. Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru sasaran di SD Negeri 10 Ampenan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan benar yang berdampak kurang percaya diri dalam proses pembelajaran. Solusinya diadakan pendampingan baik secara kelompok maupun individu dalam penyusunan RPP yang baik dan benar. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pendampingan berbasis KKG dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP yang baik dan benar, yang bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme sebagai kepala sekolah dan bagi guru untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Hipotesis tindakan meningkatkan kompetensi guru-guru sasaran SD Negeri 10 Ampenan semester dua tahun pelajaran 2020/2021 dalam menyusun RPP yang baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi kepala sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata ≥ 4,0,2). Hasil kerja guru dalam penyusunan RPP mencapai ≥ 85% dengan nilai rata-rata ≥ 80,00. Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,40) dengan persentase ketercapaian (0%). Pada siklus II observasi Kepala Sekolah rata-rata (4,50), observasi guru rata-rata (4,67) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (87,37) dengan persentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Kesimpulan; pelaksanan pendampingan dapat meningkatkan kompetensi guru sasaran SD Negeri 10 Ampenan dalam menyusun RPP berdasarkan KTSP dan kurikulum 2013. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepala guru mata pelajaran agar mampu menyusun RPP yang baik dan benar.

Kata Kunci: Pendampingan - RPP


Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan Nasional, 2010, Kepemimpinan Pembelajaran, Dirjen PMPTK

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Nana Sujana, 2009, Pendidikan Tingkat KePenelitian Konsep dan Aplikasinya Bagi Peneliti Sekolah, Jakarta: LPP Bina Mitra.

Purnadi Pungki, M.W., 2009, Kompetensi-Faktor Kunci Keberhasilan, dalam http://vibizconsulting.com. Diakses tanggal 11 Agustus 2015 pukul 19.35 wita

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Suharjono, 2009, Melaksanakan Sekolah Sebagai Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Peneliti Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Suharjono, 2012, Publikasi Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru, Jakarta: Cakrawala Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen Daftar Pustaka




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.5051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics