PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 25 MATARAM

Muhammad Amin

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjasorkes pada materi kebugaran jasmani  siswa kelas V semester genap SD Negeri 25 Mataram tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran penjasorkes inovatif . Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 20 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen seperangkat tes hasil belajar. Data yang diperoleh peneliti dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan penerapan model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan hasil belajar penjasorkes siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kutantasan klasikal dan rata-rata hasil belajar penjasorkes siswa dari prasiklus sampai ke siklus II. Ketuntasan klasikal siswa, meningkat sebesar 25% dari prasiklus ke siklus I, yaitu dari 40% menjadi 65%. Kemudian meningkat sebesar 50% dari prasiklus ke siklus II, yaitu dari 40% menjadi 90%. Dan meningkat sebesar 35% dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 65% menjadi 90%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 10 poin dari prasiklus ke siklus I, yaitu dari 65 menjadi 75. Kemudian meningkat sebesar 18 poin dari prasiklus ke siklus I, yaitu dari 65 sampai 83. Dan meningkat sebesar 8 poin dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 75 menjadi 83.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Penjasorkes,  dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ali, Muhammad. 1992. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru

Ardika, I Wayan. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Semester I SDN Ulian Kec. Kintamani Kab. Bangli TP 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PGSD FIP UNDIKSHA.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta. C.V Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyaningsih, Farida, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SD Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian pendidikan nasional.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukarnyana, I Wayan dan Kasihani Kasbolah E. S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang.

Surahman, Affan. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Penjas Inovatif Menggunakan Metode Progress Cards Dalam Pembelajaran Penjas Materi Melempar Ke Sasaran (Studi Pada Siswa Kelas 2 SDN Karangjati I dan SDN Cukurguling 3, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Tahun Pelajaran 2011/2012). Jurnal Pendidikan Jasmani Unesa. Volume 1, No. 1, http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/1754, 1 Pebruari 2020.

Susilo, Herawati, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pembangunan Keprofesionalan Guru dan calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Tantri, Ade Asih S. 2009. Penerapan Media Dongeng melalui Strategi DRTA Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SD 9 Banjar. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FBS. Undiksha.

Tim Mapel Penjasorkes. 2007. Pembelajaran Penjasorkes Inovatif untuk SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wimbawati, Kadek. 2010. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010 di SDN 1 Besakih.Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan pendidikan guru sekolah dasar, undiksha singaraja.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics