PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA

I Made Sonny Gunawan, Baiq Alda Sofya Farliyani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik self instruction terhadap kecanduaan game online. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan model pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas VIII yang memiliki tingkat kecanduan game online dengan katagori yang tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk kuesioner hasil pengembangan yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan indikator dari variabel penelitian. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Bedasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa teknik self instruction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan tingkat kecanduan game online pada siswa.

Kata kunci: Teknik self instruction, kecanduan, game online

Full Text:

PDF

References


Bryant, L.E & Budd, K.S. (1982). Self instructional training to increase independent work performance in pre schooler. Journal of Applied Behavior Analysis, 15, 2, 259-271.

Bugental, J.F.T. (1964). Investigations into the self-concept III. Instructions for the W-A-Y Method. Psychological Reports, 15, 1, 643-650.

Corey, G. (2009). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Corey, G. (2012). Theory and practice of group counseling. California, Monterey: Brooks/ Coley Publishing Company.

Cormier, S., Nurius, P.S., & Osborn, C.J. (2009). Interviewing and change strategies for helpers. USA: Brooks/Cole.

Erford, B.T. (2015). 40 Techniques Every Counselor Should Know. New York: Pearson Education, Inc.

Fiorentika, K., Santoso, D.B., & Simon, I.M. (2016). Keefektifan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1, 3, 104-111.

Ghuman & Griffiths. (2012). Dampak kecanduan game online pada remaja. Di Akses Jam 23:34 tanggal 6 juni 2020.

Gunawan, I M.S., & Djuniadi. (2015). Pengembangan konseling individu berbasis cyber. Jurnal Kependidikan, 14 (4) 343-350.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2022. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Kendall, P.C., & Braswell, L. (1985). Cognitive-behavioral therapy for impulsive children, second edition. The Guilford Press.

Kuss, D.J. (2013). Internet gaming addiction: Current perspectives. Diakses dari: https://pdfs.semanticscholar.org/ Di Akses Jam 21:10 tanggal 5 juni 2020.

Meichenbaum, D. 1979. Cognitive behavior modification (An integrative approach). New York: Springer Science and Business Media, LLC.

Qomariyah, A.N. (2009). Perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja perkotaan di Surabaya. Di Akses Jam 23:32 tanggal 8 Juni 2020.

Riffe, S., Lacy & Varouhakis, M. (2008). Media system dependency theory and using the Internet for in-depth, specialized information. Di Akses Jam 20:23 tanggal 6 juni 2020.

Thakkar, V., & Levitt, P. (2006). Addiction (Psychological Disorders). New York: Chelsea House Publishers.

Young K.S. (2017). Kecaduan internet, panduan konseling dan petunjuk untuk evaluasi dan penanganan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics