HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KONTROL DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TALIWANG

Mujiburrahman Mujiburrahman, Soba Al Qadri

Abstract


Kontrol diri adalah kemampuan untuk mengontrol diri dan mengelolah perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan perilaku, menarik perhatian, mengubah perilaku yang menyenangkan orang lain. Penyesuian diri adalah mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai dengan kondisi lingkungannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Ada Hubungan Antara Kemampuan Kontrol Diri Dengan Penyesuian Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Taliwang  Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah ingin  Mengetahui Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Penyesuian Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik  Studi Populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri  1 Taliwang  Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Dengan jumlah siswa  107  orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dan angket merupakan metode pokok sedangkan dokumentasi adalah metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan nilai   yang diperoleh  10,059, sedangkan nilai  tabel 0,176, 5% dan N=107 maka dapat diperoleh 10,059>0,176, kenyataan ini menunjukan bahwa nilai  yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar dari pada nilai  tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesi alternatif (Ha) diterima. Jadi kesimpulan analisis penelitian adalah : Ada Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Penyesuian Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Dapat sipulkan Bahwa hasil penelitian ini  signifikan”.


Full Text:

PDF

References


Adelbert. 2014. Manusia Kebenaran. Jakara. Kanisius

Ali, M. & Asrori, M., 2010. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Cetakan Ke enam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aluh Hartati, Hariadi Ahmad dan Andika Rifzar Mandasingi. 2020. Hubungan antara Pengendalian Diri dengan Prestasi Siswa SMKN 1 Sumbawa Besar. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1051 – 1066. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang : UMM Press.

Astrini, Ririn. R, & Mujiburrahman. (2017). Efektivitas Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Dalam Menyelesaikan TugasTugas Belajar Pada Siswa, 2 (2), 398 – 405. ttps://ejournal.undikma.ac.id/index.php/realita/issue/view/111

Calhoun, J.P & Acocella, J.R 1990. Psikologi tentang Penyesuian diri dan kecemasan, Terj. Satmiko S. R. Semarang: IKIP Pres.

Caplin, J.P. 2005. Kamus Lengkap Psikologi (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. 2010.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Goleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gottfredson, M. R. & Hirschi, T. (1990). A General Theory of A Crime. Stanford: Stanford University Press.

Gunarsa & Yulia. 2010. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta ; Penerbit Libri.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Istiyono, W & Silaban, O. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Batam: Karisma Publishing Group.

Lin Novita. 2013. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Intensi POD Pada Anggota Kepolisin Reserse Kriminal. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Mufidah. 2008. Psikologi Kekuarga Islam Berwawasan Gender, Malang: UIN Malang Press.

Panuju, P & Umami, I. 1999. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Remaja Yogya.

Risnawita & Ghufron. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: PT Ar-Ruzz Media.

Ryzkanevy Putri. 2009. Hubungn Antara Persepsi terhadap dukungan social orang tua dengan penyesuaian diri dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Skripsi. Universitas Diponegoro

Sobur, M.Si. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Subana. 2005. Statistik Pendidikan. CV. Pustaka Setia: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukardi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sunarto. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Syahfa’at. 2015. Hubungan Kontrol Diri dengan Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas XI SMK 3 PGRI Kediri . Skripsi. Universitas Nusantara Kediri.

Tim IKIP Mataram 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah IKIP Mataram. Mataram: IKIP Mataram.

Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics