MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI MASA COVID 19 MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI 01 WANASABA

Khairul Huda

Abstract


Masalah dalam penelitian adalah  Bagaimanan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat melalui metode Demonstrasi, sedangkan tujuan penelitian adalah Meningkatkan pengetahuna dan pemahamana perilaku hidup bersih dan seshata melalui metode demonstrasi di kelompok b TK Negeri 01 Wanasaba kecamatan wanasaba kabupaen Lombok .Penelitian ini menggunakan penelitian tidakan kelas,subjek penelitian  adalah kelompok B yang berusia 5-6 Tahun yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki 9 orang perempuan.Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan Dokumentasi.Teknik Analisis data yang digunakan analisis data  deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian Tindakan kelas yang dilakukan pada saat pra Tindakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui metode demonstrasi, Pada kondisi awal sebelum tindakan sebesar 30% pada siklus I meningkat menjadi 60% dan pada siklus II menjadi 90%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi criteria keberhasilan yang telah ditentukan yaitu minimal 80% dari keseluruhan anak perilaku hidup bersih dan sehatnya berada pada kriteria berkembang baik sesuai harapan.

 

Kata kunci: Perilaku hidup bersih dan sehat ,metode demonstrasi


Full Text:

PDF

References


Albar, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Petugas Puskesmas, Medan:Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara, 2003.

Aluh Hartati, Hariadi Ahmad dan Andika Rifzar Mandasingi. 2020. Hubungan antara Pengendalian Diri dengan Prestasi Siswa SMKN 1 Sumbawa Besar. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1051 – 1066. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi, “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: BumiAksara.2011 hal-16

Armai Arif, Pengantar ilmu Metodologi Pendidikan Islam, ( Jakarta : Ciputat Pers,2002),hlm.40

Departemen Kesehatan, Republik Indonesia ,Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(2006,2007,2008.2012)

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Kemendiknas, Peraturan Menteri Nasional Republik Indonesia Nomor58 Tahun 2009 Tentang Standar Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Bina Insane Mulia 2010).0

Moeslichatoen R, Metode Pengajaran di taman kanak -kanak,( Jakarta Rineka Cipta : 2004),lhm.123-124

Muri Yusuf.2005.Dasar-dasar dan Teknik Evaluasi Pendidikan.Padang : UNP

Pedoman Penilaian Sikap,Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.( 2009).Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permendikbud 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Proverawati,Atikah.2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika

Setyosari, Punaji.2013.metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sudjana, metode dan Teknik pembelajaran partisipasif,( Bandung : Falah Production. 2001).hlm.154-155

Sugiyono.(2004). Dasar-dasar Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, et.al., Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta:Bumi Aksara, 2007), h.24

Zainal Aqil. (2006).Penelitian Tindakan kelas.Bandung:Yama Widya.

Zuhairini, dkk. Metode khusus pembelajaran Agama, hlm. 298




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics