PENGARUH TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA

Aluh Hartati

Abstract


Abstrak. Teknik modeling adalah teknik untuk mempelajari perilaku baru dengan mengamati model dan mempelajari keterampilannya. Teknik ini bertujuanagar siswa dapat membantu dirinya dalam pengembangan diri seperti ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain untuk menumbuhkan rasa empati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh Teknik Modeling untuk meningkatkan empati siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa dan sampel yang digunakan untuk memperoleh data adalah 10 orang siswa. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 5,308 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan db (N-1) = 9 sebesar 2,262. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada table (5,308> 2,262), sehingga dapat di simpulkan Ada Pengaruh Tehnik modeling untuk meningkatkan Empati Siswa.

Kata Kunci: Teknik modeling dan Empati.


Full Text:

PDF

References


Aluh Hartati, Hariadi Ahmad dan Andika Rifzar Mandasingi. 2020. Hubungan antara Pengendalian Diri dengan Prestasi Siswa SMKN 1 Sumbawa Besar. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1051 – 1066. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Arifin. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: PT Bina Aksara

Arikunto dan Suharsimi.2006. MetodePenelitian. Bandung: Alfabete.

Budiman. 2002. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Corey, G. 2005. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Revika Aditama.

Depdiknas. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eisenberg, N., Guthrie, I.K., Cumberland, A., dkk. 2002. Prosocial Development in Early Adulthood: A Longitudinal Study. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 82.

Goege M. Gazda dalam Winkel. 1991. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hutomono, S. (2011). Observasional Learning: Metode Psikologis Yang dilupakan dalam Psikologis Olahraga”. Jurnal Ilmiah SPIRIT. 11, (2), 25-35

Khomalasari, 2010 pembelajaran kontekstual. Bandung:PT Refika Aditama.

Lampert L. M. 2005. Modern Dairy Product 3rd Edition. Chemical Publishing. New York.

Margono. 2005. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Refika Aditama.

Neviyarni.2009. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Khalifah Fil Ard. Bandung: Alfabeta

Paderson, Paul.B. 2008. Inclusive cultural empathy. First Edition. Washington: American Psichological Assosiation

Prayitno dan Amti. 2012. Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Purwadarminto. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Aneka Cipta.

Sadmoko. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Saraswati. 2008: Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Shaleh, A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.

Subana. dkk. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sudirman N., dkk. 2002. Ilmu pendidikan. Remaja Rosda karya Rineka Cipta Bandung.

Sugiyono. 2013: Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Taufik.2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics