PENGARUH LAYANAN KONSELING HUMANISTIK TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS XI IPS-4 DI SMA NEGERI 7 MATARAM

Baiq Nur’aini Cahya Khairani, Ni Made Sulastri

Abstract


Abstrak: Perilaku agresif verbal merupakan suatu perilaku menyakiti orang lain dengan kata-kata yang berupa membentak, berbicara kasar, menghina dll. Maka peneliti melakukan penelitian tentang Pengaruh Layanan Konseling Humanistik Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa kelas XI IPS-4 di SMA Negeri 7 Mataram Tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling humanistik terhadap perilaku agresif pada siswa kelas XI IPS-4 di SMA Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan desain penelitian one group pree test dan post test design. Peneliti mengambil kelas XI IPS-4 dengan jumlah populasi 28 siswa dan mengambil sampel sebanyak 8 orang, karena peneliti menggunakan teknik simple random sampling, yang di mana pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut dengan mengambil skor paling tinggi pada karakteristik yang sudah ditentukan. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode interview, metode angket metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test, dengan hasil perhitungan yang didapatkan adalah nilai thitung sebesar 5,543 dan nilai ttabel dengan N= 8-1 =7 dengan taraf signifikan 5% = 2,365. Maka dari itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf signifikan (5,543>2,365). Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis akternatif (Ha) diterima, dengan demikian kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini  adalah: Ada Pengaruh Layanan Konseling humanistik Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI Ips-4 di SMA Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Dan dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.

Kata kunci: konseling humanistik, perilaku agresif


Full Text:

PDF

References


Adhi, Ni Ketut J. 2017. Efektifitas Konseling Eksistensi Humanistik Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Tunanetra. Jurnal Psikologi, Vol (1), 42-45

Dayaksini, Tri dan Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press

Ernawati, Afni. 2008. Pengaruh Bimbingan Agama Islam Terhadap Perilaku Agresif Anak di Panti Asuhan Yatim Darun Al-Aitam Moga Pemalang. Fakultas Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang. Semarang

Fitri, Qawiyyan, dkk. 2019. Penerapan Pendekatan Konseling Eksistensi Humanistik Untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di SMAN 10 Makasar. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 6 (1), 41-44

Hapsari, Yohana Desy D. 2019. Hubungan Antara Tekanan Teman Sebaya dengan Agresi Verbal Remaja Putra di Sekolah Berasrama. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hatmoko, Jefri H. 2015. Survei Minat dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Jurnal Of Physical Education, Sport, Health And Recreations. 1729-1736

Karim, Azka F. 2019. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Verbal Pada Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Komalasari, Gantina., dkk. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT INDEKS

Kursin, 2005. Efektifitas Lyanan Konseling Kelompok Dalam Mengurang Perilaku Agresif Siswa Panti Pamardi Putra Mandiri Semarang Tahun 2004/2005. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Lalitya, Lecya, Tedjasaputra Meyke S. 2019. Efektifitas Differentiated Reinforcement Of Incompatible Behaviour (Diri) Dalam Menurunkan Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja Dengan Moderate Intelectual Disability. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi. Vol 3 (2) 105-113

Lesmana, Jeanette M. 2013. Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Universitas Indonesia

Lestari, Novita D. 2020. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kurangnya Sikap Asertif Siswa Kelas VII di SMPN 4 Mataram. Fakultas Ilmu Pendidikan. Undikma Mataram. Mataram

Lubis, Namora Lumongga. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling. Jakarta: Perpustakaan Nasional

Mahmudah, Siti. 2012. Psikologi Sosial Teori dan Model Penelitian. UIN-Maliki Press

Misqiyah, Ratu. 2018. Teknik Konseling Humanistik Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Remaja Dengan Orangtua Tunggal. Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Banten

Rahman, Agus A. 2014. Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pegetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers

Rosada, Ulfa D. Model Pendekatan Konseling Client Centered dan Penerapannya Dalam Praktik. 14-25

Sari, Rohana K. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Sgresif Siswa Pada Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Mataram. Fakultas Ilmu Pendidikan. Ikip Mataram. Mataram

Sarwo, W. S. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Satemba Humanika

Sudani, Ni Ketut., dkk. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yulianto, Herman. 2015. Mau Sehat Hilangkan Sikap Burukmu. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics