PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP SELF-ESTEEM SISWA

Nuraeni Nuraeni, Mastari Mastari

Abstract


Self-Esteem siswa yang rendah dalam hal ini ditunjukkan dengan siswa mengalami kesulitan untuk mengatur dan mengontrol tingkah laku, cemas dan takut untuk  mengeluarkan pendapat, kurang  percaya  diri, mudah tersinggung, dan merasa tidak dihargai, tidak bisa bekerja didalam kelompok, tidak mampu untuk menerima kritikan dan merasa tidak disukai karena merasa sikap dan sifatnya tidak menarik perhatian orang lain, tidak mampu untuk menyelesaikan tugas-tugas  yang  diberikan padanya, dan tidak percaya diri di dalam membuat atau mengambil keputusan. Konseling kelompok adalah konseling yang bersifat  pencegahan dan penyembuhan serta diarahan pada pemberian kemudahan dalam pertumbuhan dan perkembangannya yang dimana sangat berpengaru hterhadap Self-Esteem siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh Konseling kelompok terhadap Self-Esteem siswa kelas XI SMKN 2 Kuripan Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa.Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkandata  adalah metode angket sebagai metode pokok, sedangkan  metode  dokumentasi, metode wawancara dan metode observasi sebagai metode pelengkap. Dalam hal ini angket dikembangkan dalam indikator-indikator Self-Esteem. Analisis data menggunakan uji t-tes. Sesuai dengan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% ternyatanilai “t” hitung lebih besard aripada “t” table atau (11.250>2,262). Maka, hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak Ada Pengaruh Konseling kelompok terhadap Self-Esteem Siswa Kelas XI SMKN 2 Kuripan Tahun pelajaran 2020/2021” dinyatakan “ditolak” sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada PengaruhKonseling kelompok terhadap Self-Esteem Siswa Kelas XI SMKN 2 Kuripan TahunPelajaran 2020/2021” dinyatakan “diterima”. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”.


Full Text:

PDF

References


Capuzzi, D., & Gross, D.R. (2017). Introduction to counseling profession (7th edition). London and New York: Routledge.

Coopersmith, S. (1981). The antecedents of self-esteem. Palo Alto: Counsulting Psychologist Perss.

Corey, G. (2012). Theory and practice of group counseling. California, Monterey: Brooks/Coley Publishing Company.

Gibson, R.L., & Mitchell, M.H. (2008). Introduction to counseling and guidance. Englewood Cliffs, New Jersey: Prantice-Hall.

Gladding, S.T. (2009). Counseling: A comprehensive profession. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Guidon, M.H. (2010). Self-esteem across the lifespan: Issues and intervention. Journal of Women and Aging, 23, 177-179.

Gunawan, I.M.S. (2019). Efektifitas konseling kelompok values clarification untuk meningkatkan empati siswa. (Disertasi). Semarang: PPs.UNNES.

Gunawan, I.M.S., & Raharja, J.T. (2016). Pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan sikap tanggung jawab siswa di SMP Negeri 2 Batulayar. Jurnal Bimbingan Konseling Realita, 1, 37-45.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Lawrence G.J.(2006). Principles of managerial finance. USA, Pearson.

Murk, C.J. (2006). Self-esteem research, theory, and practice: Toward a positive psychology of self-esteem (3rd ed.). New York: Springer Publishing Company.

Murk, C.J. (2013). Self-esteem and positive psychology research, theory, and practice (4rd ed). New York: Springer Publishing Co.

Oktaviani, Y. (2018). Pengaruh teknik self-instruction terhadap harga diri pada siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi. Mataram : ikip mataram.

Sugiyono. (2014). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, M.E. (2005). Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UPT UNNES Press.

Winkel, H. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics