PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP POTENSI DIRI ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI

Wiwiek Zainar Sri Utami

Abstract


Konseling individu merupakan salah satu pemberian bantuan psikis secara perseorangan. Sasarannya pada siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan serta mengakibatkan penurunan prestasi. Pengaruh konseling dan peningkatan perlakuan konseling pada siswa tunarungu dapat meningkatkan potensi diri. Peneliti menemukan adanya pengaruh dari kasus dan permasalahan yang di alami dari siswa tunarungu pada kelas X dan Xl di sekolah inklusi SMKN 5 Mataram. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah ada pengaruh konseling individu terhadap potensi diri anak tunarungu disekolah SMKN 5 Mataram. Penggunaa metode ini adalah metode kualitatif dengan Pre-experiental design (nondesign) atau eksperimen tidak murni, desain eksperimen One group Pretest–Posttest design, cara pengambilan sampel dengan teknik porpusive sampling dan di temukan 30 siswa, kemudian di tetapkan 7 siswa menggunakan hasil pre-test, setelahnya dilakukan treatment, pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan tabel t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yaitu: (t hitung4.321 > t tabel2.447)

Kata Kunci: Konseling Individu, Potensi diri, dan Tunarungu


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial. Rineka Cipta, Jakarta

Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. (2010). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Cholid Narbuko dan H. Abu Achmad. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi, Mohammad. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Endra K. Prihadhi, (2004). My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Gerald Corey, (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Ilahi, Muhammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Majdi, Udo Yamin Efendi. (2007). Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media

Mardalis, (2009). Metode Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mudjito, dkk (2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.

Prayitno dan Erman Amti, (2004). Dasar- Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sofyan S. Willis, (2014). Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta,

Sri Habsari, (2005). Bimbingan & Konseling SMA kelas XI. Jakarta: Grasindo.

Sugiharso, dkk (2009). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics