PENERAPAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS 1.C SD NEGERI 9 AMPENAN

Surianah Surianah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas 1.C SD Negeri 9 Ampenan pada semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 yang disebab kan oleh sulitnya siswa memahami materi yang ada pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan  prestasi belajar IPA pada siswa kelas 1.C SD Negeri 9 Ampenan pada semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif.

Hasil tes kemampuan awal siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas baru mencapai 57,60 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 28%. Hasil tersebut menunjukkan prestasi belajar IPA siswa masih rendah. Setelah diterapkannya metode karya wisata dalam pembelajaran tematik, nilai siswa pada siklus I mencapai 59,20 dengan presentase ketuntasan beajar sebesar 36%. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat menjadi 82,00 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 96%.Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan setelah menggunakan metode karya wisata dalam pembelajaran tematik dan indikator keberhasilan penelitian di capai pada siklus II. Hasil yang telah iperoleh menunjukan bahwa penggunaan metode karya wisata dalam pembelajaran tematik terbukti dapat meningkat kanprestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Untuk itu disarankan metode karya wisata dalam pembelajaran temetik dapat dipertimbangkan digunakan dalam pembelajaran dikelas.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Jogjakarta: Diva Press.

Hartinah, Sitti. 209. Konsep dan Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nana Sudjana. 2000. http://www.scribd.com/doc/9037208/

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Prastiwi, Ristu, dkk. 2010. Buku Tematik Peduli Lingkungan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sahertian, Piet A & Aleida Sahertian. 1992. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet. 2003. Belajar dan - yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudono, Anggani. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulistyo, Ari. 2011. Panduan Mengajar dan Mendidik Anak Usia Dini. Depok: Millenia Pustaka.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Weaver, Mary. 2003. Kegiatan untuk Anak Dini Usia. Jakarta: P.T. Primamedia Pustaka.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Winda, Gunarti, Lilis Suryani, Azizah MUIZ. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Edisi Kesatu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, H. Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada.

Yamin, H. Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.4195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics