UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN JARAK JAUH (PJJ) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 41 AMPENAN

Kamarudin Kamarudin

Abstract


Tujuan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran melalui pendamping bagi guru kelas SD Negeri 41 Ampenan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan di SD Negeri 41 Ampenan, dengan mengikut sertakan 10 guru kelas yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Guru Tidak Tetap (GTT). Waktu pelaksanaan penelitian ini, yakni pada semester genapganjil tahun pelajaran 2020/2021, yang berlangsung sejak bulan September–Nopember 2020. Proses pelaksanaan menempuh empat tahapan, yakni: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dalam meyusun RPP Jarak Jauh (PJJ) dapat ditingkatkan melalui pendampingan berbasis KKG. Hal ini terbukti dapat diketahui setelah diberi tindakan pada siklus II, kemampuan guru dalam menyusunan RPP Jarak Jauh (PJJ) dapat dikatakan sudah optimal. Dari 10 jumlah guru yang sudah tuntas dalam arti mampu menyusun RPP Jarak Jauh (PJJ) secara benar sebanyak 10 orang guru atau 100%. Sedangkan yang belum tuntas tidak ada atau 0%.

 

Kata Kunci : Kompetensi Dasar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Supervisi Akademik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul Hadis dan Nurhayati,. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Conny Semiawan. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Yang Profesional. Jakarta. Depdikbud.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Depdiknas. 2007. Badan Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang : “Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru”, Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1986. Kurikulum Sekolah Dasar Pedoman Pembinaan Guru. Jakarta. Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasional, 2004. “Perencanaan Pembelajaran” Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, Jakarta.

E. Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erman Suherman. 2009. Model – Model Pembelajaran. http://re-searchengines.com/1207trimo1.html. Penelitian Tindakan Kelas.

Hadari Nawawi, 2003. Kepemimpinan Yang Efektif. Gadjah Mada Uress: Yogyakarta.

Imam Wahyudi. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Jamil Suprihatiningkrum. 2014. Guru Professional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

J.B Situmorang dan Winarno, 2008. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Kalten: Macanan Jaya Cemerlang.

Kunandar, 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP). Jakarta: Raja Grafindo.

Masnur

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Materi Pelatihan Guru Pendamping, Implementasi Kurikulum 2013.

M. Hosnan, 2014. Pendekatan saintifik dan kotekstual dalam pembelajaran abad 21 : kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurdin & Andriantoni. 2016. Guru professional dan implementasi kurikulum. Jakarta: Rajagrafindo.

Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Guru.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2007 tentang: “Standar Proses” Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: depdiknas.

Pidarta. 2008. Landasan Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Suranto. 2000. Komunikasi Interpersonal. Jakarta: PT Gramedia.

Salim. 1987. http://www.sdnleuwimunding3.sch,id/2020/10/pengertian -silabus-dan-pengembangannya.html.dikases tgl.2/9/2014.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

W. J. S Purwadarminto. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics