PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FUN TEACHING MENGGUANAKAN JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERKALIAN 1-10 SISWA KELAS IV SDN 42 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Masruni Masruni

Abstract


Abstrak. Karena rendahnya minat belajar Matematika siswa kelas IV SDN 42 Ampenan peneliti mencoba untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Fun Teaching menggunakan Jarimatika dalam pembelajaran Matematika perkalian 1-10 siswa kelas IV SDN 42 Ampenan. Penelitian yang telah dilakukan termaksud dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu kelas IV SDN 42 Ampenan yang terdiri dari 30 orang siswa-siswi. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian adalah observasi, teknik anilalisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis display. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model Fun Teaching Jarimatika. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperoleh dari masing-masing siklus, Siklus I pertemuan pertama sebesar 64,78%, dan pertemuan kedua sebesar 73,61%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama hasil menjadi 80,55% dan pertemuan kedua menajdi 87%.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Fun Teaching, Jarimatika, keaktifan, matematika.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Penerapan Metode BB (Bermain dan Bercerita) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Tahun Pelajaran 2014/2015.

Ahmad Susanto, Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana. 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Darmansyah, strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor, Jakarta: PT Bimu Aksara. 2012.

Dimyati, Johni. Metodologi Pendidikan dan Aplikasinya, Jakarta: Kencana Prenadamedia group. 2013.

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT. Rajawali Pers. 2011.

Nurlaila, Safwati. Penerapan Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa.

Khusnul Khotimah, pembelajaran berhitung dengan menggunakan jarimatika untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berhitung siswa, 2008.

Prasetyono, Sunar Dwi dkk. Memahami Jarimatika untuk Pemula, Jogyakarta: DIVA Press. 2009.

Rustamrs, Metode Jarimatika Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika” , dalam http;//rustamfresh.wordpress.com/2012/06/19/metode-jarimatika-sebagai-inovasi-dalam-pembelajaran-matematika/, diambil tanggal 22 Januari 2018, pukul 10.00

Sudjana, Nana. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensido. 1996.

Sumanto, Wasty. psikologi pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar PT Refika Aditama, 2014.

Sukmadinata, Syaodin Nana.Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003.

Suyono Dan Haryanto, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.2012.

Suryanto, Adi.Evaluasi Pembelajaran Di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. 2012.

Muhaemin, Pengaruh Penggunaan Metode Fun Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika, (FTK UIN Mataram, Mataram 2011)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,2005. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2002. Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 1995.

Sriyono, et, al,Tekhnik Belajar Mengajar dalam CBSA, Rineka Cipta, Jakarta, 1992.

Sardinam AM, Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2000.

Husain usman dan purnomo, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara,2008.

Safwati Nurlaila, Penerapan Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. (IAIN Mataram, Skripsi: 2011).




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.4105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics