UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA PERMAINAN BOLA PLASTIK PADA SISWA KELOMPOK B TK HADI SAKTI

Baiq Sarlita Kartiani

Abstract


Berdasarkan hasil identifikasi masalah yaitu kurangnya kemampuan anakmengenal warna, sehingga pada penelitian ini yang akan dikembangkan adalah kemampuan anakdalam mengenal warna. Penelitian ini dilaksanakan di TK Hadi Sakti dengan tujuan perbaikan pembelajaran pada anak siswa kelompok B yaitu untukmeningkatkan kemampuan mengenal warna melalui media permainan bola plastik warna warni. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukandengan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang diawali dengan kegiatan perencanaanpembelajaran, kemudian pelaksanaan pembelajaran, dilanjutkan pada tahap pengamatan (observasi) dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila telah memenuhi persentase 90% dengan kriteria Baik sekali.Perbandingan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I dan siklus 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan.Pada siklus I kegiatan aktivitas guru mendapatkan nilai 71% dengan kriteria cukup baik.Sedangkan pada siklus II hasil penelitian menunjukkan peningkatan menjadi 92% dengan kriteria nilai baik sekali.Hasil yang diharapkan daripenelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal warna dan anak bisa memanfaatkan benda-benda yang ada disekitarnya untuk media pembelajaran agar lebih menarik dalam mengenal warna.

Kata Kunci: Pengenalan Warna, Media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Asmawati, dkk. (2020). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.

DIKPORA NTB.(2009). Pedoman pembinaan Taman Kanak-kanak Negeri/Swasta Provinsi Nusa tenggara Barat.Mataram. Pemprov NTB.

Dirjen Kesehatan Masyarakat. (2019). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta. Kemenkes RI.

Gunarti, Winda, dkk. (2019). Metode Pengembangan perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati (2016) Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2015. Arti kata Warna Menurut KBBI. Di akses dari https://www.kbbi.co.id/arti-kata/warna.Pada 24 Mei 2021.

Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud RI no. 137 Tahun 2014. Jakarta. Kemendikbud RI

Pekerti, Widia. Dkk. 2018.Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.

Sujiono, Yuliani N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Indeks.

Sujiono, Yuliani N. dkk.(2018). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.

Suyadi, (2016).Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta.Pedagogia.

Wardani, dan Wihardit.(2020). Penelitian Pendidikan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics