PENGARUH TEKNIK KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS X SMK NURUL ISLAM SEKARBELA

Dewi Rayani, I Made Gunawan, Firman Erdiansyah

Abstract


Konseling behavioral merupakan proses komunikasi bantuan yang penting dalam menanggulangi masalah perilaku membolos. dalam proses konseling behavioral sangat dibutuhkan guna untuk melakukan perubahan tingkah laku.  Sedangkan etika berkomunikasi dalam belajar adalah norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan berkomunikasi di lingkungan sekolah. dalam proses belajar sangat dibutuhkan proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu dakah Pengaruh Teknik Konseling Behavioral Terhadap Perilaku Membolos Pada Siswa di Kelas X di SMK Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik konseling behavioral terhadap perilaku membolos siswa Kelas X di SMK Nurul Islam Sekarbela. Desain penelitian ini yaitu one group pre-test-post-test design. dengan  populasi berjumlah  31 siswa, dan  sampel sebanyak 9 orang yang terindikasi memiliki tingkat perilaku membolos yang tinggi berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai metode pokok dan observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus t-test. Adapu hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar (8.975), sedangkan untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar (1.860). Karena thitung lebih besar dari nilai ttabel(8.975>1,860) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh teknik konseling behavioral terhadap perilaku membolos siswa kelas X SMK Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2020/2021. “Signifikan”.

Kata Kunci : Teknik Konseling Behavioral, Perilaku Membolos

 


Full Text:

PDF

References


Amin. 2018. Pengaruh teknik behavioral contract terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII SMPN 6 Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Borneo Tarakan.

Azwar, S. 2012. Reliabelitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Corey. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Gunarsa. S. D. & Gunarsa. Y. S. 2002. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP utuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hikmawati, Fenti. 2011. Bimbingan Konseling Hak Penerbit pada PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.

Kartono. K. (2008). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Kerlinger. 1973. Multiple Regression in Behavioral Research. New York: Holt, Rinehart &Winston, Inc.

Komalasari, Gantina, Dkk. 2011. Teori Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Latipun. 2015. Pisikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Martinis, Yamin. 2009. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung PersadaPress.

Prayitno dan Erman Amti. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. (Jakarta: Rineka Cipta.2004).

Sholahddin. 2018. Hubungan antara quality of school life dengan prilaku membolos pada siswa madrasan tsanawiyah Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Gresik

Skinner 2004. Pemahamn Tingkah Laku. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics