PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BATULAYAR

Aluh Hartati, Mona Nimitha Balensky

Abstract


Konseling individu merupakan proses pemberian bantuan secara profesional melalui hubungan khusus secara pribadi oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah (klien) secara langsung (tatap muka), dengan tujuan agar klien dapat meningkatkan pemahaman tentang dirinya, merubah perilaku, mengembangkan potensi diri sesuai dengan keputusan yang diambil serta membantu menyelesaikan masalah yang dialami sehingga bermuara pada teratasinya masalah tersebut. Konseling individu memiliki fungsi sebagai pemahaman, pencegahan, pengentasan, pemeliharaan dan advokasi. Adapun tahap-tahap dalam konseling individu a) tahap awal, b) tahap inti, c) tahap akhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Konseling Individu Terhadap Perilaku Bullying pada siswa kelas XI  di SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian adalah untuk mengatasi pengaruh Konseling Individu Terhadap Perilaku Bullying pada siswa kelas XI  di SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pupolasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa, sampel yang digunakan adalah 4 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus chi kuadrat, berdasarkan analisis nilai X2  sebesar 8.39 dengan nilai X2tabel pada taraf signifikan 5% dengan db (N-1) = 3 sebesar 7.82. Dengan demikian nilai X2lebih besar dari pada nilai X2tabel (8,39 < 7.82) sehingga dapat di simpulkan ada pengaruh konseling individu terhadap perilaku bullying pada siswa kelas XI di SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah “Signifikan”.

Kata Kunci : Konseling Individu, Perilaku Bullying


Full Text:

PDF

References


Astuti, P. R. 2008. Meredam Bullying 3 Cara Efektif Meredam K. P. A. (Kekerasan Pada Anak). Jakarta: Grasindo.

Driyarkara, 2004. Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Egan. L. Todorov, N. 2005. School Bullying: The Role of Forgiveness. Department of Psychology, Macquarie University. Journal of Social and Clinical Psychology, 25, 1059-1085.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hartono & Soedarmadji,.2014. Psikologi konseling (Edisi Revisi). Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Mardalis. 2004. Metodelogi research social. Jakarta: Aneka Cipta.

Novan, A.W. 2012. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Syamsu. 2005. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

  Web Analytics