PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD LAB UNDIKSHA

Muhammad Hafizin, Khaerul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan implementasi asesmen portofolio terhadap pendidikan karakter dan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Single Factor Independent Group Design dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang siswa kelas IV SD Lab UNDIKSHA. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk karakter dan tes untuk literasi sains. Data dianalisis dengan menggunakan multi analisis varians. Hasil penelitian menunjukan uji hipotesis pertama nilai F= 6,026 dengan signifikansi 0,017<0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan karakter siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen konvensional. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa F= 14,538 dengan 0,000<0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen konvensional. Uji hipotesis ketiga menunjukan bahwa F= 7,965 dengan 0,001<0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan karakter dan literasi sains siswa secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan implementasi asesmen konvensional.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2012. Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol.2 No.6, Hal 164-178.

Akbar, U.A.Q, dkk. 2016. “Dampak Asesmen Portofolio terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Gaya dan Gerak”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016. Surakarta.

Ariyanta, I. K. E. P., Dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Ipa Dengan Kovariabel Gaya Belajar Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume: 3 No: 1.

Arohman, M, dkk. 2016. “Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem”. Proceeding Biology Education Conference. Vol 13(1). e-ISSN: 2528-5742.

Astuti, O. W., Zulyusri., dan Putri, D. H. 2017. “Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester II”. Journal Biosains. Volume 1 Nomor 2 2017.

Budimansyah, D. 2003. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung: PT. Genesido.

Candra. 2016. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa SMAN 7 Mataram NTB. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). ISSN 2442-9511.

Depdiknas, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Pusat Kurikulum, Balitbang.

Jazari, M. 2018. Pendidikan Karakter, Antara Harapan dan Kenyataan. Tersedia di https://www.sman1karanggede.sch.id/2018/02/08/pendidikan-karakter-antara-harapan-dan-kenyataan/. Diakses pada tanggal 2 Juli 2018.

Marhaeni, A.A.I.N, dkk. 2017. Assesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Marhaeni, A.A.I.N. 2006. Menggunakan Asesment otentik dalam pembelajaran Berbasis Kompetensi. Makalah. Disampaikan Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Pascasarjana Tanggal 19 Oktober 2006 di Singaraja.

Maunah, B. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1, April 2015.

Nilalohita, C.S. 2017. Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

OECD (2016). PISA 2015:Assessment and Analytical FrameworkScience, Reading, MathematicAnd Financial Literacy. Paris:OECD.

Putri, D. N. 2018. Literasi Membentuk Karakter Bangsa yang Bermoral dan Berkreativitas Tinggi. [Serial Online]. (http://www.literasikalbar.com/2018/01/literasi-membentuk-karakter-bangsa-bermoral.html) [2 Juli 2018]

Republika. 2018. Literasi Indonesia Sangat Rendah. Tersedia di https://www.republika.co.id/amp_version/ngm3g840. Diakses pada tanggal 2 Juli 2018.

Sani, R. A. 2016. Penialian Autentik. Bumi Aksara. Jakarta.

Solikhin, R. 2014. Assesmen Pembelajaran. [Serial Online]. (http://riyadsangpetualang.blogspot.com/2014/01/assesmen-pembelajaran.html). [2 Juli 2018].

Subanji. 2017. Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Matematika Kreatif. Makalah. Disajikan dalam Seminar Nasional “Matematika dan Pedidikan Matematika” Tanggal 18 November 2017 di Solo.

Suradi. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah”. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 2, Nomor 4.

Utami, L. B., dkk. 2013. “Pengaruh Implementasi Asesmen Portofolio terhadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI MAN Amlapura”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 Tahun 2013.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.3863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics