HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
Abstract
Salah satu perkembangan kognitif pada anak usia dini yang cukup penting adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa ini tentunya berkaitan dengan kemampuan membaca anak usia dini. Membaca pada anak usia dini memiliki banyak tantangan, sehingga diperlukan metode yang dapat membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif emperis karena data sudah ada pada masing-masin anak. Data dikumpulkan dengan metode pedoman observasi yang selanjutnya. Data tersebut dianalisis dengan uji Paired T-Test menggunakan aplikasi SPSS forWindows. Hasil analisis data menunjukan nilai rhitung sebesar 12,253, sedangkan nilai rtabel dengan taraf signifikansi 5% pada df 14 diperoleh 2,145. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar dari pada nilai rtabel (12,253 >2,145). Oleh karena itu dapat dikemukakan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan membaca pada peserta didik usia 5 – 6 tahun.
Full Text:
PDFReferences
Aida, Siti dkk. 2018. Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia. 3 (1). 56 – 63.
Bungin, Burhan. 2005.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Danim, Sudarwan dan Darwis. 2002. Metode Penelitian Kebidanan: Prosedur, Kebijakan dan Etik. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Darmadi. 2018. Membaca Yuk. Jakarta: Guepedia Publisher.
Enterprise, Jubilee. 2014. SPSS untuk Pemula. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.
Gulö, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Habibi, Muazar. 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Hadini, Nining. 2017. Meningkatkan kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment. 6. 19 – 24.
Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Hidjanah. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jakarta: Edu Publisher
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Kurnia, Rita. 2019. Bahasa Anak Usia Dini. Yogjakarta: Deepublish
Martaulina, Sinta Diana. 2018. Bahasa Indonesia Terapan. Yogyakarta: Deepublish.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Putri, Delia dan Elvina. 2019. Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Games. Pasuruan: Kiara Media.
Rahman, Taufiqur. 2018. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Ratnasari, Ni Ketut Windu dkk. 2016. Penerapan Metode Simak Ulang Ucap Berbantuan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Dua. e-Journal PGSD Universitas Ganesha Jurusan PGSD. 4 (1). 1 – 12.
Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metodologi Penelitian. Kudus: FKIP Universitas Muria Kudus
Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Siyoto, Sandu dan Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Waluyo, Djoko Adi dan Anies Listiowati. 2017. Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Group.
Wicaksono, Andri dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.tolak
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.3860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.