HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN SIKAP EMPATI PADA SISWA

Mustakim Mustakim, Niken Indriana Pratiwi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya sikap empati siswa. Melalui kecerdasan interpersonal diharapkan siswa mampu meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap orang lain Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk membaca tanda dan isyarat sosial, komunikasi verbal dan nonverbal, dan mampu menyesuaikan gaya komunikasi secara tepat. Hal demikian penting untuk mengembangkan sikap empati siswa. empati merupakan kemampuan menempatkan diri pada posisi orang lain, namun dia tetap melakukan kontrol diri atas situasi yang ada, tidak dibuat-buat, dan tidak hanyut dalam situasi orang lain itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan sikap empati siswa kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Mataram 45 siswa, sampel yang digunakan adalah 43 orang siswa yang memiliki sikap empati. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi, observasi dan metode wawancara sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus Rxy. Berdasarkan dari hasil nilai rhitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah = 0,578 sedangkan nilai rtabel dengan taraf signifikansi 5% N=43 adalah 0,301. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai rhitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar daripada nilai rtabel yang berarti dalam penelitian ini adalah signifikan, dengan hasil pengujian nilai di atas, dimana rhitung = 0,578 > rtabel = 0,301 dengan taraf signifikansi 5% N=43. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Dengan demikian hasil kesimpulannya: bahwa Ada hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan sikap empati siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Dan hasil penelitian ini dinyatakan signifikan.

Kata Kunci: Kecerdasan interpersonal dan sikap empati


Full Text:

PDF

References


Suharsimi. A 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi. A. 2010. Manajemen penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Budiningsih, Asri. 2013. Pembelajaran Moral, Jakarta: PT Rineka Cipta

Budiningsih, Asri .2004.Pembelajaran Model Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budaya. Jakarta : Rineka Cipta

Faizah. 2011. Empati dan perlaku prososial. (online): http://aditfaizah.blogspot.co.id/2011/12/empati-dan-perilaku-prososial.html, Diakses tanggal 24 mei 2017

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005. Grand Media Pustaka Utama. Jakarta

Nabila, 2014. Konsep Empati. (online): http://bilaairbiru.blogspot.co.id /2014/01/konsep-empati.html, Diakses tanggal 24 mei 2017.

Hariadi A dan Aluh H. 2006. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Satria Andromeda. 2014. Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id). Diakses 24 mei 2017.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kualitatif,kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Taufik, 2012. Bimbingan dan Konseling Sosial. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Tim IKIP Mataram. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi. Mataram.

Yaumi M,.2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta. PT. Dian Rakyat.

Taufik.2012.Bimbingan dan Konseling Sosial. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.