PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP PEMALU ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELAS A PAUD AL-KHAIR LINGKUNGAN UDAYANA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURUL IMAN, AHMAD ZAINUL IRFAN, ANI ENDRIANI

Abstract


Abstrak: Bermain merupakan dunia anak, dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat, dan memahami kehidupan. Sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Al-Khair tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Al-Khair tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode utama, pengisian angket pengamatan, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 6,13, sedangkan nilai t-tabel (6,13 >2,093). Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Al-Khair tahun pelajaran 2019/2020, artinya hasil penelitian pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun adalah “signifikan”.

Kata Kunci : Teknik Role Playing, Sikap Pemalu


Full Text:

PDF

References


Atik Triwiyati. 2017. Asyiknya Bermain Peran. Solo, TigaSerangkai

Afiffudin, Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung, CV. Pustaka Setia.

Bakir, R. Suyono dan Sigit Suryanto.2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Tangerang, Kharisma Publishing Group.

Bruce Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching Model-model Pengajaran. Yogyakarta, Pustakapelajar

Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta, Prenadamedia Group

Esti Diah Purwitasari. 2017. Mengubah Anak Pemalu Jadi Berani. Surabaya, Ecosystem Publishing

Husain dan Purnomo. 2008. Metode PenelitianSosial. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Hariadi A dan Aluh H. 2006. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah, Mataram

Isjoni H. 2010. Model Pembelajaran anak Usia Dini, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Mansur, M.A. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Tim Penyusun LPMP. 2011. Komunikasi EfektifI. Banten

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta, PustakaPelajar.

Mursid.2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung, PT. RemajaRosdakarya.

Muhammad Al-Baqir. 2015. Mutiara Kearifan Ali Bin Abi Thalib R.A. Jakarta, PT. Mizan Publika

Mardalis, 2017. Metode Penelitian. Jakarta, PT. Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics