PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP PEMALU ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELAS A PAUD AL-KHAIR LINGKUNGAN UDAYANA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Abstrak: Bermain merupakan dunia anak, dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat, dan memahami kehidupan. Sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Al-Khair tahun pelajaran 2019/2020? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Al-Khair tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi sebagai metode utama, pengisian angket pengamatan, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 6,13, sedangkan nilai t-tabel (6,13 >2,093). Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Al-Khair tahun pelajaran 2019/2020, artinya hasil penelitian pengaruh teknik role playing terhadap sikap pemalu anak usia 4-5 tahun adalah “signifikan”.
Kata Kunci : Teknik Role Playing, Sikap Pemalu
Full Text:
PDFReferences
Atik Triwiyati. 2017. Asyiknya Bermain Peran. Solo, TigaSerangkai
Afiffudin, Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung, CV. Pustaka Setia.
Bakir, R. Suyono dan Sigit Suryanto.2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Tangerang, Kharisma Publishing Group.
Bruce Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching Model-model Pengajaran. Yogyakarta, Pustakapelajar
Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta, Prenadamedia Group
Esti Diah Purwitasari. 2017. Mengubah Anak Pemalu Jadi Berani. Surabaya, Ecosystem Publishing
Husain dan Purnomo. 2008. Metode PenelitianSosial. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Hariadi A dan Aluh H. 2006. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram
IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah, Mataram
Isjoni H. 2010. Model Pembelajaran anak Usia Dini, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Mansur, M.A. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Tim Penyusun LPMP. 2011. Komunikasi EfektifI. Banten
Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta, PustakaPelajar.
Mursid.2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung, PT. RemajaRosdakarya.
Muhammad Al-Baqir. 2015. Mutiara Kearifan Ali Bin Abi Thalib R.A. Jakarta, PT. Mizan Publika
Mardalis, 2017. Metode Penelitian. Jakarta, PT. Bumi Aksara
Peraturan Menteri Pendidikan nasional Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2015 Tentang Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.