POLA ASUH ORANG TUA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME
Abstract
Perkembangan seorang anak adalah suatu kebanggan bagi orangtua. Mulai dari perkembangan fisik, motorik, psikomotor, dan perkembangan kemandirian anak. Perkembangan tersebut tidak lepas dari pola asuh orangtua, begitu juga dengan kemandirian anak. Pola asuh orangtua sangat mempengaruhi kemandirian. Pola asuh yang permisif atau memanjakan akan menghasilkan anak yang tidak mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus tentang pola asuh orangtua dalam upaya pembentukan kemandirian anak. Data yang diperoleh bersumber dari observasi dan wawancara.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Faisal, Sanafiah. 1993. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fathoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarhadi. 2005. Penanganan Anak Sindroma Down dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gunarso, Singgih D. 1981. Psikologi Remaja. BPK Gunung Mulia.
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.
Kosasih. 2010. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Marzuki. 1981. Metodologi Riset. Yogyakarta: PT. Hanindita Offset Yogyakarta.
Satiadarma, Monty P. 2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Saraswati, Ida. _. Diary Anakku. Yogyakarta: Rona Publishing.
Sjarkawi. 2009. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wantah, Maria J. 2007. Perkembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusuf, A. Muri. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press Padang.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.