HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD TAMAN BANGSA GEGUTU

Ni Made Sulastri, Deni Hariyanti

Abstract


Pendidikan anak usia dini diarahkan untuk memfasilitasi tumbuh kembang anak secara sehat dan optimal, pola asuh yang tepat dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak agar berkembang sesuai dengan tahapannya. Masalah dalam penelitian ini adalah banyak orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter terhadap anak-anaknya. Pola asuh otoriter yakni tipe pola asuh orang tua yang memaksakan kehendak kepada anaknya. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di PAUD Taman Bangsa Gegutu Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh bahwa nilai r hitung lebih besar dari pada nilai r tabel (0,998 > 0,514), kenyataan ini menunjukkan bahwa Ada Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di PAUD Taman Bangsa Gegutu Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan demikian dalam penelitian ini dinyatakan Signifikan.

Kata Kunci : Pola Asuh Otoriter, Kecerdasan Emosional


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elizabeth B. Hurlock. 2013. Perkembangan Anak. Erlangga

Freud, S. 2002. A General Introduction to Psychoanalysis. Terjemahan Ira Puspitorini. Yogyakarta. Ikon Teralitera.

Gottmen J. 2001.Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (Terjemahan). Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Gunarsa. 2000.Psikologi Praktis.Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hidayah Ridhoyanti dkk. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah di TK. Sena Putra Kota Malang.

Hidayati Nur Istiqomah. 2014.Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD.Jurnal Psikologi Indonesia.Persona.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Modul Pelatihan. 2000. Kecerdasan Emosi dan Quantum Learning. Forum Kajian Budaya dan Agama (FkBA)

Nana Syaodih. 2016.Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Puja Marzuki M. 2015. Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Keruak. Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram

Rulan. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Shafiro L. E. 1998.Mengajarkan Emotional Intelegensi.Jakarta, PT. Gramedia

Sugiyono. 2008.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfa Beta.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. R & D. Bandung: CV Alfa Beta.

Suharsimi, Arikunto. 2006 dan 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa

Suryani, Widyasih. 2010. Psikologi Ibu dan Anak.Yogyakarta. Citramaya

Zazimah. 2015. Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Tingkat Agresivitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Insan Harapan. Kecamatan Pandak. Kabupaten Bantul.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics