TINGKAT PENYESUAIAN DIRI SISWA SMA NEGERI DI KOTA MATARAM

I MADE SONNY GUNAWAN, I MADE GUNAWAN

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyesuaian diri siswa SMA Negeri di Kota Mataram. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian empiris. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Survey. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Mataram, SMA Negeri 3 Mataram, SMA Negeri 4 Mataram, dan SMA Negeri 6 Mataram yang berjumlah 2776 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multi stage sampling dengan jumlah sampelnya 275 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket penyesuaian diri yang diadopsi. Selain itu pengumpulan data di dukung dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus Persontase. Bedasarkan hasil analisis data mengenai tingkatan katagori penyesuaian diri disimpulkan bahwa SMA Negeri 2 Mataram, SMA Negeri 3 Mataram, SMA Negeri 4 Mataram dan SMA Negeri 6 Mataram termasuk dalam katagori “Cukup” berarti penyesuaian diri siswa SMA Negeri di Kota Mataram belum bisa mencapai target katagori “Baik” dan ini dikarenakan siswa-siswa SMA Negeri di Kota Mataram masih mempunyai berbagai kesulitan dan masalah seperti belum mempunyai rasa nyaman terhadap keadaan pribadi, kurang bersemangat dalam belajar, kurang mempunyai rasa percaya diri, belum mampu dalam menyelesaikan masalahnya sendiri, belum mampu untuk bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya, dan yang utama belum bisa menerima kekurangan yang dimilikinya.

Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Siswa SMA


Full Text:

PDF

References


Azwar S. (2000). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Chaplin, J.P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endra. (2008). Penyesuaian Diri Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Enung F. (2008). Psikologi Perkembangan Peserta didik. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Hamalik. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariadi A. dan Aluh H. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hurlock E. (1999). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Nurkancana W. (1990). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sobur A. (2003). Psikologi Umum. CV. Pustaka Setia. Bandung

Suharsimi A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi revisi VI). Rineka Cipta. Jakarta.

Sunarto. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics