Pengaruh Bermain Dengklek terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD KB An-Nur Sukaraja Barat Ampenan

Ni Ketut Alit Suarti, Laili Wahyuni, Muhammad Zainal Mustamiin

Abstract


Bermain merupakan dunia anak, dengan bermain anak mendapatkan stimulus yang tepat dan memahami kehidupan. Sehingga aspek perkembangan anak dapat tercapai dengan baik. Aspek-aspek yang  mencakup yaitu aspek kognitif, sosial emosional,  moral agama, fisik motorik, bahasa dan seni. Dalam penelitian ini permasalahan yang ditemui di lapangan yaitu kurangnya stimulasi dalam mengembangkan aspek motorik kasar disebabkan karena lingkungan bermain kurang luas sehingga anak tidak bisa bergerak secara bebas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bermain dengklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD KB An-Nur Sukaraja Barat Ampenan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain dengklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD KB An-Nur Sukaraja Barat Ampenan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi sebagai metode utama dan metode dokumentasi serta metode wawancara sebagai metode pelengkap. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus ttes. Sampel dalam penelitian ini anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD KB AN-NUR Sukaraja Barat Ampenan yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan dari hasil analisis data bahwa thitung yang diperoleh adalah sebesar 7,749, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% pada dk-1=14 diperoleh 2,145 kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai ttes yang diperoleh dalam penelitian inia dalah lebih besar dari pada nilai ttabel (7,749>2,145). Hal ini berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh bermain dengklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD KB An-Nur Sukaraja Barat Ampenan, artinya hasil penelitian pengaruh bermain dengklek terhadap perkembangan motorik kasar dan hasil penelitiannya adalah signifikan

Kata Kunci: Bermain Dengklek, Motorik Kasar.


Full Text:

PDF

References


Achroni. Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Direktorat. Olahraga Masyarakat 2002. Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hildayani, Rini dkk. 2017. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

https://diglib.unila.ac.id Diaksespada tanggal 8 februari 2020 pukul 23.00 wita

https://eprints.ums.ac.id Diakses pada tanggal 28 oktober 2019 pukul 21:49 wita

https://eprints.ums.ac.id Diakses pada tanggal 3 februari 2020 pukul 22:44 wita.

IKIP MATARAM. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.

J. Beaty. Janice. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Peranannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyani, Sri. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing

Musfiroh T dan Tatminingsih T. 2017. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 46 Tahun 2009. Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. 2016. Palito Media.

Prasetyono, Sunar D. 2008. Biarkan Anakmu Bermain. Jogjakarta: Diva Press.

Rofi Ia Ontong. 2013. KitabGame Khusus PAUD Dari Permainan Tradisional Hingga Modern. Jogjakarta: FlashBooks.

Santrock. Jhon. W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiono, Bambang dkk. 2017. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Suryana D dan Mahyundin N. 2017. Dasa-dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics