PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECEMASAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Riska Ayu Maningrum, H. M. Syarafuddin

Abstract


Kecemasan belajar yang dialami siswa di sekolah dapat membuat siswa merasa tidak percaya diri  sehingga mengalami kesulitan dan hambatan yang berakibat pada pencapaian prestasi yang tidak sesuai dengan harapan, akan menimbulkan rasa takut tidak akan berhasil meraih apa yang diinginkan, seperti rasa takut gagal serta rasa takut tidak lulus, agartingkat kecemasan belajar siswa dapat menurun, maka siswa perlu diberikan arahan melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Kecemasan Belajar Pada Siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian sebanyak 227 orang siswa dan sampel sebanyak 20 orang siswa yang memiliki kecemasan belajar tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kecemasan Belajar Pada Siswa, dimana nilai thitunglebih besar dari pada nilai ttabelsebesar 2.185 dan nilai ttabelpada taraf signifikan 5% dengan 2.103, jadi thitung lebih besar dari pada  ttabelyaitu 2.185 > 2.103. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya: Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kecemasan Belajar Pada Siswa Kelas VIII  di SMPN 2 Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.Mataram: IKIP Mataram.

Kokom, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Lathief, I, S. 2010. Psikologi Fenomenologi Eksistensialisme.Lamongan: Pustaka Pujangga.

Mujiburrahman. 2014. Pengantar Pendidikan IKIP Mataram.

Muri, Y. 2014. Metode Penelitian Kencana: Prenadamedia Group.

Nurishan, J& Syamsu,Y. 2012. Landasan Bimbingan & KonselingBandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: PT Rajagrafindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2014.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Taniredja, T. Dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics