PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENGENDALIAN DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 7 MATARAM
Abstract
Bermain peran (role playing) adalah salah satu model pembelajaran interaksi sosial yang menyediakan kesempatan kepada murid untuk melakukan kegiatan-kegiatan belajar secara aktif dengan personalisasi sehingga siswa dapat membantu dirinya dalam pengembangan diri seperti ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain untuk menumbuhkan pengendalian diri. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Pengendalian Diri dalam Belajar Siswa Kelas XSMA7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian adalah “Ingin Mengetahui Teknik Role Playing Terhadap Pengendalian Diri Dalam Belajar Siswa Kelas X SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019”. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 379 siswa, sample yang digunakan adalah 8 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, sertadokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 5,532 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 7 sebesar 2,365. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (5,532>2,365), sehingga dapat di simpulkan Ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Pengendalian Diri Dalam Belajar Siswa KelasX SMA7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan Signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Aziz Wahab, M.A, 2008, Metode dan Model-Model Mengajar, Bandung : Alfabeta
Arikunto,Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktik).
Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto Suharsimi, 2015. Prosedur Penelitian Langkah Analisis.
Austy Azi. 2017. Pengaruh Role Playing Terhadap Pengendalian Diri Dalam Belajar Siswa.
Budianingsih Asri, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rinika Cipta.
Fathurrahman Pupuh, Dkk, 2007, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Rifaka
Aditama
Faturrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan pembelajaran modern (konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran). Yogyakarta : Garudhawaca.
Hakim, Thursan. 2010. Belajar secera efektif. Jakarta : Puspa swara
Ikip Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah
Komalasari, 2010.pembelajaran kontekstual.Bandung : PT. Refika Aditama.
Lesmana, Aditya. 2012. Analisis Pengaruh Media Sosia Tweeter Terhadap Pembentukan Band Attachment. Universitas Indonesia: Jakarta.
M. Nur Ghufron, dan Rini Risnawita S. 2016. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Pustaka Setia Pustaka Pelajar.
Nikmah Lailatul, 2017, Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 8 KEDIRI, Kediri.
Ratna, Lilies: 2013. Teknik –Teknik konseling .CV Budi Utama.
Reni hidayati. 2011. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil Belajar PKN siswa kelas V SDN Pelemgandung 1 Karangmalang sragen Tahun ajaran 2010/2011.
Sucimah. 2016. Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Pengendalian Diri Pada Siswa XI SMA Negeri 1 Praya Timur Kabupaten Lombok Tngah Tahun Pelajaran 2015/2016.
Sudjana Nana, Suwariyah Wari, 1991, Model-Model Mengajar CBSA Bandung: CV. Sinar Baru Offset.
Sugiyono, 2015. Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.Sugiyono, 2013
Suryana, Yayan. 2015. Metode penelitian manajemen pendidikan. CV Pustaka Setia
Taniredja, dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Evektif. Alfabeta: Bandung.
Triana, Neni. 2012. Interprofesional education (IPE). Yogjakarta: Deepublish
U.Lailiyah. 2010. Kontrol Diri dan Gaya Hidup Konsumtif. http://gilib.uinsby.ac.id/bab/pdf.html. Diakses tanggal 16 februari 2018 pukul 11.00
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Makmun, Abin Syamsuddin. 1998. Psikologi Pendidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.