PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENGENDALIAN DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 7 MATARAM

Irma Hadyati, Aluh Hartati

Abstract


Bermain peran (role playing) adalah salah satu model pembelajaran interaksi sosial yang menyediakan kesempatan kepada murid untuk melakukan kegiatan-kegiatan belajar secara aktif dengan personalisasi sehingga siswa dapat membantu dirinya dalam pengembangan diri seperti ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain untuk menumbuhkan pengendalian diri. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Pengendalian Diri dalam Belajar Siswa Kelas XSMA7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian adalah “Ingin Mengetahui Teknik Role Playing Terhadap Pengendalian Diri Dalam Belajar Siswa Kelas X SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019”. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 379 siswa, sample yang digunakan adalah 8 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, sertadokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 5,532 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 7 sebesar 2,365. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (5,532>2,365), sehingga dapat di simpulkan Ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Pengendalian Diri Dalam Belajar Siswa KelasX SMA7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan Signifikan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Wahab, M.A, 2008, Metode dan Model-Model Mengajar, Bandung : Alfabeta

Arikunto,Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktik).

Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto Suharsimi, 2015. Prosedur Penelitian Langkah Analisis.

Austy Azi. 2017. Pengaruh Role Playing Terhadap Pengendalian Diri Dalam Belajar Siswa.

Budianingsih Asri, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rinika Cipta.

Fathurrahman Pupuh, Dkk, 2007, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Rifaka

Aditama

Faturrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan pembelajaran modern (konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran). Yogyakarta : Garudhawaca.

Hakim, Thursan. 2010. Belajar secera efektif. Jakarta : Puspa swara

Ikip Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah

Komalasari, 2010.pembelajaran kontekstual.Bandung : PT. Refika Aditama.

Lesmana, Aditya. 2012. Analisis Pengaruh Media Sosia Tweeter Terhadap Pembentukan Band Attachment. Universitas Indonesia: Jakarta.

M. Nur Ghufron, dan Rini Risnawita S. 2016. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Pustaka Setia Pustaka Pelajar.

Nikmah Lailatul, 2017, Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan

Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 8 KEDIRI, Kediri.

Ratna, Lilies: 2013. Teknik –Teknik konseling .CV Budi Utama.

Reni hidayati. 2011. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil Belajar PKN siswa kelas V SDN Pelemgandung 1 Karangmalang sragen Tahun ajaran 2010/2011.

Sucimah. 2016. Pengaruh Konseling Behavioristik Terhadap Pengendalian Diri Pada Siswa XI SMA Negeri 1 Praya Timur Kabupaten Lombok Tngah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Sudjana Nana, Suwariyah Wari, 1991, Model-Model Mengajar CBSA Bandung: CV. Sinar Baru Offset.

Sugiyono, 2015. Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.Sugiyono, 2013

Suryana, Yayan. 2015. Metode penelitian manajemen pendidikan. CV Pustaka Setia

Taniredja, dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Evektif. Alfabeta: Bandung.

Triana, Neni. 2012. Interprofesional education (IPE). Yogjakarta: Deepublish

U.Lailiyah. 2010. Kontrol Diri dan Gaya Hidup Konsumtif. http://gilib.uinsby.ac.id/bab/pdf.html. Diakses tanggal 16 februari 2018 pukul 11.00

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Makmun, Abin Syamsuddin. 1998. Psikologi Pendidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics