PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKASI TERHADAP SIKAP AGRESIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ahmad Zainul Irfan, Sugarna Sugarna

Abstract


Sikap agresif adalah adanya keinginan untuk melakukan tindakan negatif  yang dilakukan secara fisik maupun verbal dengan tujuan  menyakiti orang lain. Sikap agresif dapat diatasi dengan menggunakan penerapan media vidio edukasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pengaruh Media Video Edukasi terhadap Sikap Agresif  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Video Edukasi terhadap Sikap Agresif  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan penelitian eksperimental dengan konsep One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah 12 orang. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t-hitung sebesar 8,472 dan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=11 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t-hitung lebih besr daripada nilai t pada tabel (8,472 > 2,201) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini ”signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah Ada Pengaruh Media Video Edukasi terhadap Sikap Agresif  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad, 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajawali Pers

Dayaksin.T dan Hudanial. 2012. Psikologi Sosial. jakarta: Ummpers.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah Mataram.

Mahmudah. S. 2012. Psikologi Sosial. Teori & Model Penelitian. Malang: Uin-Maliki Press

Rahman, A. A. 2014. Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suharsimi Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, 2011. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Thomas A.T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Semarang. Nugroho.http://eprints.uni,ac,id/skripsi Thomas.(Online) 16 September 2017. (Skripsi) UNY

Tabah. (2015).Pengaruh Pemanfaatan Video Edukasi sebagai Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XIIPS di SMA Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2014/2015. http://libb.unnes.ac.id/skripsi Tabah. (Online) 17 September 2017. (Skripsi) Unnes

Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI ) No.14 Tahun 2005. Tentang Guru Dan




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics