MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


Pendidikan adalah suatu wujud nyata yang diselenggarakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas generasi. Pendidikan pada dasarnya merupakan upaya sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Terjadinya krisis moral pada anak-anak bangsa khususnya Indonesia, menuntut orang tua dan tenaga pendidik untuk mampu mengintegrasikan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan teori pembelajaran di sekolah. Pendidikan karakter, yaitu: membentuk kepribadian anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga Negara yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisis moral dan berperan dalam pembinaan generasi muda. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang meliputi; sejarah, ekonomi, sosiologi, geografi, antropologi, dan tatanan Negara. Melalui pembelajaran ini dapat memberikan nilai-nilai kebudayaan yang baik yang akan meningkatkan karakter anak.

Full Text:

PDF

References


Sumaatmadja,Nursid.2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Rifki Afandi.

Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar Darmiyati Zuchdi, Zuhdan Kun Prasetya, Dan Muhsinatun Siasah Masruri

Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Machful Indra Kurniawan

Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sdn Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten BandungTien Kartini

Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya Iin Nurbudiyani




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics