PENGARUH KONSELING BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU MERENDAHKAN ORANG LAIN DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA SISWA KELAS VIII DI MTS AL-ISTIQOMAH TELAGAWARU LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Rosidi Rosidi, Khairul Huda

Abstract


Permasalahan di lapangan bahwa masih banyak siswa yang berprilaku merendahkan orang lain di media sosial facebook baik itu dengan teman kelas maupun orang lain. Seperti mengolok-olok teman melalui media sosial facebook sehingga menimbulkan masalah bagi siswa, oleh sebab itu untuk mengurangi rentan terjadinya masalah itu maka digunakanlah konseling behavior. Konseling behavior merupakan suatu pandangan ilmiah tentang tingkah laku manusia ada langkah-langkah bagaimana siswa diajarkan untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam perilaku mengolok-olok, melempar, bahkan berkata kotor terhadap temannya di media sosial facebook. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Konseling Behavior Terhadap Perilaku Merendahkan Orang Lain di Media Sosial Facebook Pada Siswa Kelas VIII di Mts Al-Istiqomah Telagawaru Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020.? Tujuan dalam Penelitian ini untuk mengetahui apakah Ada Pengaruh Konseling Behavior Terhadap Perilaku Merendahkan Orang Lain di Media Sosial Facebook Pada Siswa Kelas VIII di Mts Al-Istiqomah Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Stratifid Random Sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan) dengan populasi 46 orang sedangkan sampel penelitian ini 8 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisi t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test yang diperoleh melalui analisi, ternyata nilai t-hitung diperoleh  = 9,851 yang kemudian di konsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan db (N-1) = 8-1 =7 dengan taraf signifikasi 5% = 2,365. Sedangkan nilai dari t-hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t-tabel yakni 9,851>2,365, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternative (Ha) diterima pada taraf signifikasi 5% sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan”. Berarti ada Pengaruh Konseling Behavior Terhadap Perilaku Merendahkan Orang Lain di Media Sosial Facebook Pada Siswa Kelas VIII di Mts Al-Istiqomah Telagawaru labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Signifikan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2006:65. Dalam jurnal Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Arya, Luthfi.2018. Melawan Bullying Menganggas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah

Azizah, Nur. 2017. Jurnal Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII Smp Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. (Fakultas Tabiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Jubilee Enterprise (2010: 79), dalam Jurnal Dalam Jurnal Pengaruh Jejaring Sosial Facebook Terhadap Tingkat Kenakalan Remaja di BTN Berlian Permai Kelurahan Tamangapa

Jumailiyah Dr. Hj, MM., Dr. Abdurrahman, M.Pd. 2017. Statistik Pendidikan

Komalasari, Dra. Gantina, M.Psi., Eka Wahyun, S.Pd.,M.A.P.D., Karsih, M.Pd.2018. Teori dan Teknik Konseling

Morgan, Nicola.2014. Panduan Mengatasi Stres Bagi Remaja

Olweus 1999:26 Dalam Buku Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bulying di Sekolah

O’Moore, 2009:26 Dalam Buku Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bulying di Sekolah

Ohsako, 1997:27. Dalam Buku Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bulying di Sekolah

Pedoman, Pembimbingan Dan Penulisan karya Ilmiah Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan IKIP MATARAM

Rosjidan, 1994,p.10:152, Dalam Buku Teori Dan Teknik Konseling

Rumiati, Ni Wayan.2013 Jurnal “Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar” dengan subyek penelitian kelas VIII.6 SMPN 2 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2013/2014.

Setyawati, Indah.2016. Jurnal Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial ASK.FM Terhadap Gangguan Emosi Remaja (Studi Pada Siswa-Siswi SMAN 10 Bandar Lampung). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics