PENGARUH KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PERILAKU PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 1 BATULAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Muhammad Takdir Ibnu Mutalib, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah pendekatan yang bersifat direktif, yaitu pendekatan yang membelajarkan konseli untuk memahami infut kognitif yang menyebabkan gangguan emosional sehingga dalam pelaksanaannya bisa mengurangi tingkat perilaku pelecehan seksual. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Perilaku Pelecehan Seksual Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Batulayar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020”. Tujuan Penelitian adalah “Untuk Mengetahui Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Perilaku Pelecehan Seksual Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Batulayar  Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020”. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Populasi dalam Penelitian ini adalah 224 Siswa, Sampel yang digunakan adalah 8 Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data adalah thitung 7.241 dengan derajat kebebasan (N-1) = (8-1) = 7. Dalam taraf signifikansi = 5% dan derajat kebebasan (Db) 8 pada tabel nilai “t” adalah 2.365. Dengan demikian  nilai thitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 7.241 telah berada di atas angka batas yang besarnya 2.365, atau dengan kata lain bahwa thitung lebih besar dari ttabel 7.241 >2.365, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan alternatif (Ha) diterima pada taraf signifikan 5% dengan db= 8 dapat dikatakan bahwa ada Pengaruh Konseling Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Perilaku Pelecehan Seksual Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2019/2020“Signifikan”.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Fitriatun Solikhah. 2016. Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kecendrungan Game Online Pada Anak Sekolah. 1 (3) :12.

Jumailiyah, Abdurrahman.2017. Statistik Pendidikan. Yogyakarta : Absolute Media.

Komalasari Gastina, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT. Indek.

Kusmana, (2007), www.e-psikologi.com. Diakses tanggal 15 februari 2019.

Margono. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Masyhuri dan Zaenuddin, 2009. Metodelogi Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama.

Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Prenadamedia Group: Jakarta.

Nurul Chomaria. 2014, Pelecehan Anak. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Purna Genta Irawan. 2017. Efektivitas Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Perilaku Membolos Pada Peserta Didik. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negriraden Intan Lampung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Badung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018. Metodelogi penelitian kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tim IKIP Mataram. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi. Mataram : IKIP Mataram.

Try Yanto Rosafaria dan Nofrans Eka Saputra. 2009. Manajmen Emosi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

W. Sarwono Sarlito, 2011, Psikologi Remaja. Jakarta. PT: Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics