PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP HARGA DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Hariadi Ahmad, Yolana Oktaviani

Abstract


Harga diri merupakan satu kesatuan dalam kebutuhan manusiauntuk menilai dirinya sebagai sesuatu yang positif maupun negative. Harga diri yang positif akan membangkitkan rasa percaya diri, penghargaan diri, rasa yakin akan kemampuan diri, rasa berguna, serta rasa bahwa kehadirannya diperlukan di dunia ini. Sebaliknya, harga diri yang negative akan cenderung merasa bahwadirinya tidak mampu dan tidak berharga, cenderung takut menghadapi respon dari orang lain, tidak mampu membina komunikasi yang baikdan cenderung merasa hidupnya tidak bahagia. Harga diri (self esteem) yang rendah akan digambarkan dengan sikap yang negatif yang cendrung menunjukan keadaan individu lemah yang mengarahp ada kesimpulan tidak berhargadan merasa tidak dapat berpengaruh pada orang lain. Harga diri dapat ditingkaktan dengan membentuk sikap dan perilaku yang salah satunya dapat diterapkan melalui konseling kelompok dengan teknik self instruction. Konseling kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada konseli secara kelompok untuk menciptakan dinamika dalam kelompok agar konseli menjadi mandiri. Sedangkan self instruction adalah salah satu teknik di dalam pendekatan Cognitive Behavior Therapy yang bertujuan untuk membentuk ulang pola-pola kognitif, asumsi-asumsi, keyakinan-keyakinan, dan penilaian irasional, merusak dan menyalahkan diri sendiri menjadi lebih realistis. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh teknik self instruction terhadap harga diri siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019?.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari teknik self instruction terhadap peningkatan harga diri siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner harga diri dan wawancara sebagai metode pokok serta metode dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung 2,569 lebih besar dari t-tabel 2,365 dengan taraf sifnifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik self instruction terhadap peningkatan harga diri siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2018/2019 sehingga penelitian ini dapat dikatakan  “signifikan.

Full Text:

PDF

References


Cormier, S., Nurius, P.S., & Osborn, C.J. 2009. Interviewing and Change Strategies For Helpers. USA: Brooks/Cole.

Erford, B.T. 2015. 40 Techniques Every Counselor Should Know. New York: Pearson Education, Inc.

Fiorentika, K., Santoso, D.B., & Simon, I.M. 2016. Keefektifan Teknik Self InstructionUntuk Meningkatkan Kepercayaan DiriSiswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 1 (3) 104-111.

Gibson, R.L., & Mitchell, M.H. 2008.Introduction to Counseling and Guidance. Englewood Cliffs, New Jersey: Prantice-Hall.

Habiba, A., Setiawati, D., Nursalim, M., & Pratiwi, T.I. 2013. Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Ketika Pelajaran Retell Story Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Cepu. Jurnal BK UNESA. 3 (1) 187-195.

Irawati, N., & Hajat, N. 2012. Hubungan Antara Haraga Diri (Self Esteem) Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 48 Di Jakarta Timur. Jurna Econo Sain. 10 (2) 193-210.

Jacobs, E.E., Harvill, R.L., & Masson, R.L. 2012. Group Counseling: Strategies and Skill, Seventh Edition. Pacific Grove, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Kamila, I.I. 2013. Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah (Skripsi).Pekanbaru: FakultasPsikologiUniversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Mardalis, 2004.Metodologi Research Sosial.Jakarta: Aneka Cipta.

Meichenbaum, D. 1979. Cognitive Behavior Modification (An Integrative Approach). New York: Springer Science and Business Media, LLC.

Santrock, J.W. 2007.Child Development, Eleven Edition. University of Texas, Dallas: McGraw-Hill Companies, Inc. All right reserved.

Subowo, E., & Martiarini, N. 2009. Hubungan Antara Harga Diri Remaja Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMK Yosonegoro Magetan. Jurnal Psikohumanika. 2 (2) 1-8.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke-19). Bandung: Alfabeta.

Rohma, F.A. 2004. Pengaruh Pelatihan Harga Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. 1 (1) 53-63.

Wibowo, M.E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics