PENGARUH TEKNIK REINFORCEMENT TERHADAP SIKAP MANDIRI SISWA SMP NEGERI 1 BRANG ENE KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Wira Sahida, M. Samsul Hadi

Abstract


Bimbingan konseling memiliki berbagai pendekatan dan teknik yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengerjakan sesuatu sendiri tanpa bantuan dari orang lain terutama dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Salah satu teknik yang dapat digunakan yaitu teknik Reinforcement atau teknik penguatan.Teknik reinforcement dalam kaitannya dengan Sikap mandiri siswa dianggap sangatlah penting, mengingat tujuan dari reinforcement adalah untuk memperoleh tingkah laku baru, penghapusan tingkah laku yang menyimpang, serta mempertahankan perilaku yang diinginkan, yang pada akhirnya reward hanya akan diberikan pada perilaku yang ingin dibentuk. Siswa yang kurang dalam sikap mandiri cenderung membutuhkan bantuan dari siswa lain, peran guru serta orang tua diperlukan sekali untuk membimbing siswa agar dapat membentuk sikap mandiri agar tidak semata bergantung pada orang lain dalam mengerjakan sesuatu. Rumusan masalahnya adalah: Apakah Ada PengaruhTeknikReinforcementTerhadap Sikap Mandiri Siswa SMP Negeri 1 Brang Ene KSB Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui PengaruhTeknik Reinforcement Terhadap Sikap Mandiri Siswa SMP Negeri 1 Brang Ene KSB Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah populasi 106 siswa, dan hanya 6 siswa yang diteliti yang tergolong memiliki sikap mandiri yang rendah.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sample..Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama dan metode observasi serta dokumentasi sebagai pelengkap.Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes.Sesuai dengan hasil perhitungan t-hitung yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan 0,077 Sedangkan nilai t-tes dalam table dengan db (N-1) = 6-1 = 5 dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% =2,571. Sehingga hasil yang diperoleh dalam penelitian ini thitung lebih kecil daripada ttabel (0,077>2,571) dengan demikian kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Tidak Ada PengaruhTeknikReinforcementTerhadapTerhadap Sikap Mandiri Siswa SMP Negeri 1 Brang Ene KSB Tahun Pelajaran 2018/2019. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “Tidak Signifikan”.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad dan M. Asrori. 2012. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Bandung : Bumi Aksara

Djamarah, Syaeful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harto E. 2018. Pengaruh Teknik Reinforcement Terhadap Sikap Perfectionisme Siswa SMA Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.Skri psi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. IKIP Mataram.

Hambali, Adang. 2013. Psikologi Kepribadian (Lanjutan). Bandung: Pustaka Setia.

Komalasari, Gantina. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.

Mudjiman, Haris. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasrudin, Endin. 2010. Psikologi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Poerwanti Endang, dan Nur Widodo.2005. Perkembangan Peseta Didik. Malang: UMM Press.

Yessi Y. 2014. Pengaruh Teknik homework terhadap kemandirian siswa kelas VIII di SMPN 1 Brang Ene Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.IKIP Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics