PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMEN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SMPN 2 AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Assuningsih Assuningsih, I Made Gunawan, Eneng Garnika

Abstract


Interaksi  sosial  akan  menjadi  sebuah  masalah  yang  tidak  dapat  diabaikan, karena interaksi sosial itu penting demi keberhasilan tujuan pendidik secara umum maupun secara khusus. Seperti yang diketahui permasalahan yang sangat sering terjadi pada siswa di sekolah pada umumnya adalah interaksi sosial yang kurang baik akan menciptakan suasana yang tidak kondusif dan mengakibatkan proses belajar tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, di perlukan  teknik sel management untuk meminimalisir tingkat interaksi yang rendah. Self management adalah membantu siswa untuk menjadi insan yang dapat mengatur dan mengelola dirinya dengan baik sesuai dengan yang di inginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Interaksi Sosial siswa pada kelas VIII di SMPN 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Interaksi Sosial siswa pada kelas VIII di SMPN 2 Aikmel. Kabupaten Lombok Timur Tahun. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap, analisis data menggunakan rumus t- test,  Hasil  uji  t-test  menunjukkan  nilai t  hitung sebesar  14,580,  maka  berdasarkan  taraf signifikansi 5 % dan db = 7. Ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis nol yang dinyatakan dalam tabel istribusi t tabel adalah 2,365.Hal ini menunjukkan bahwa nilait hitung lebih besar dari pada nilai t tabel (14,580> 2,365), Karena t hitung lebih besar dari pada  t tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Maka kesimpulan penelitian ini adalah: Ada Pengaruh  Teknik  Self-Management Terhadap  Interaksi  Sosial  Pada  siswa  Kelas VIII di SMPN 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Syamsul Bambang. PsikologiSosial. 2015. Bandung : CV Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aziz AlgazaliAnggara. (2018:25) dalam skripsi yang berjudul pengaruh konseling behavior menggunakan teknik self management terhadap perilaku konsumtif siswa smp darul hamidin padamara lombok timur tahun pelajaran 2017/2018.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Dayakisni, Tri., Hudaniah. Piskologisosial. 2012. Bandung: UMUM PERSS Depdikbud, 2002: 849)..

KamusBesaer Bahasa Indonesia.Balai Pustaka: Jakarta.

Hamzah B. Uno,2010. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan KaryaIlmiah: Mataram.

James, A. dkk. 1995. Conflict And Its Management. Journal Of Management. Vol. 21, No. 3, 1995: Hal 515-558.

Komalasari, Gantina, wahyuni Teori dan Teknik Konseling. 2011. Jakarta Barat: PT Indeks. Mahmudah, Siti. Psikologi social. 2012. Malang : UIN MALIKI PERES.

Ratna, Lilis. 2013. Teknik- teknik konseling. Yogyakarta: Deepublish.

Riduwan. 2012. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salmiati. Dan Astuti, Nur.2018. Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Tingkat Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, Vol.2, No 1, 1 Februari 2018: Hal 67-71.

Siti Fatmawati. 2014. Pengaruh pendekatan behavior terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar tahun pelajaran 2013/2014.

Suekanto, soerjono, 2015. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pipi, Ni Suardani. 2014. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja. E- Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling, Vol.1, No 1, 2014




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics