PENGARUH TEKNIK RASIONAL EMOTIVE THERAPY (RET) TERHADAP SIKAP SENSITIF PADA SISWA TUNARUNGU DISEKOLAH INKLUSI SMK NEGERI 5 MATARAM

Wiwin Fitria Ningsih, Ni Ketut Alit Suarti, Wiwiek Zainar Sri Utami

Abstract


Konseling rational emotive therapy merupakan aliran psikoterapi yang berlandaskan asumsi bahwa manusia dilahirkan dengan potensi, baik untuk berpikir rasional dan jujur maupun berpikir irasional dan jahat. Sikap sensitif merupakan orang yang mampu mengenali serta menyadari orang lain dan lingkungan sekitarnya. Kenyataannya terhadap siswa yang memiliki sikap sensitif seperti, selalu membutuhkan waktu sendiri, memiliki tingkat kecemasan yang lebih besar, dan sangat mudah terbawa perasaan. Hal itu tidak akan terjadi apabila guru di sekolah dapat memaksimalkan pemberian layanan konseling. Yaitu dengan teknik  rational emotive therapy. Rumusan masalah: Apakah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimental dengan konsep One-Group Pretest-Posttes Design.  Sampel berjumlah 7 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai thitung sebesar 4.321 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N=6 sebesar 2.447. dengan demikian nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel ( 4.231 > 2.447 ) dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol (HO) ditolak dan (Ha) diterimah. Kesimpulannya adalah Ada Pengaruh Teknik Rational Emotive Therapy Terhadap Sikap Sensitif Pada Siswa Tunarungu Di sekolah Inklusi SMKN 5 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. 2010. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Cholid Narbuko dan H. Abu Achmad,. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Enung, Fatimah, 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: Pustaka Setia.

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV.Pustaka Setia.

Gerald Corey, 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat, dkk. 2006. Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI PRESS.

Ilahi, Muhammad Takdir. 2013. PendidikanInklusif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jones-Richard Nelson, 2011. Teori Dan PraktikKonseling dan Terapy, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kustawan, Dedy, 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Cetakan 1. Jakarta: Luxima.

Kustawan, Dedy, 2012. PendidikanInklusif & Upaya Implementasinya, Jakarta Timur: Luxima Metro Media.

Latipun, 2018. Psikologi Konseling,Malang: UMM Press.

M. Nur Gufron & Rini Risnawati S, 2011. Teori-Teori Psikologi. Jakarta. Ar-Ruzz Media.

Mardalis, 2009. Metode Penelitian. Bumi Aksara: Jakarta.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Mestika, Puti Addina. Sarana Bantu Atletik Lari Tunanetra dengan Sistem Kerja Line Follower. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Mudjito,dkk 2012.Pendidikan Inklusif. Jakarta:Baduose Media.

Namora Lumongga Lubis, 2011. Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik, Kencana: Jakarta

Pihasniwati, 2008. Psikologi Konseling, Yogyakarta: Teras.

Prayitno dan Erman Amti, 2004. Dasar- Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sofyan S. Willis, 2014. Konseling Individual Teori dan Praktek,Bandung: Alfabeta,

Somantri, Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharmini, 2009. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yokyakarta: Kanwa Publisher.

Wardani, dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

WS. Winkel, 2007. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i2.2157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics