PENGARUH TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP SOLIDARITAS PADA SISWA SMKN 4 MATARAM
Abstract
Discussing is a guidance effort given to several individuals through group situations, with the target group being individuals who have the same problems so that students can help themselves in increasing their solidarity attitude. The formulation of the research problem is "Is There Influence of Discussion Techniques Against Solidarity Attitudes at XI grade Students of SMKN 4 Mataram in Academic Year 2018 / 2019". The purpose of the study was "Want to Know the Influence of Discussion Techniques Against Solidarity Attitudes at XI grade Students of SMKN 4 Mataram in Academic Year 2018 / 2019". Sampling technique used in this study is purposive sampling. The population in this study was 94 students, the sample used was 12 students. Data collection method used is questionnaire method as the main method and method of observation, interview and documentation as a complementary method. To analyze the data using the t-test formula, based on t count data analysis of 4.088 with t table value at 5% significance level with db (N-1) = 11 of 2.201. Thus the t count value is greater than the value of t in the table (4,088> 2,201), so it can be concluded that there is an Influence of Discussion Techniques Against Solidarity Attitudes at XI grade Students of SMKN 4 Mataram in Academic Year 2018 / 2019 is stated significant.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Aditya Lukman. 2011. Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan. (http://blogs.mervpolis.com/roller/adit/entry/masyarakat_perkotaan_dan_masyarakat_pedesaan) di akses tanggal 25 Februari 2018 pukul 12:22
Aidha, nindhia harnes prima.2012 “Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Tekmnik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. http://jurnal.mahasiswa.unesa.ac.id. Diakses pada 25 maret 2018 pukul 18:22
Anonim. 2010. Solidaritas Sosial, (Online), (http://blogs.unpad.ac.id/rsdarwis/?p=10) di akses tanggal 11 April 2018 pukul 20:31
Azra, azyuyumardani. 2002. Manggapai solidaritas. Jakarta. Pustaka panjimas.
Chadidjah, HA dan diah S, 2015 “Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Diskusi Untuk Mengembangkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Exsperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yapema Gadingrejo Lampung). Jurnal bimbingan dan konseling (PSIKOPEDAGOGIA), VOL. II, no 1 2013 program studi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Sebelas Maret.
Corey, gerald. 2013. Teori dan prakyek konseling & psikoterapi. Bandung. Reflika aditama
Daryono. 2009. Pembangunan Sumber Daya Masyarakati, (Online), (http://www.humasbatam.com/2009/06/16/pembangunan-sdm-masyarakat-hinterland-mulai-dari-pendidikan-infrastruktur-dan-pemberdayaan-ekonomi) di akses tanggal 1 April 2018 pukul 15:11
Emilia Roza, (2010)“Penggunaan Konseling Kelompok Diskusi Untuk Meningkatkan Konsep Diri Pada Siswa Kelas xl Smk 4 Pontianak Tahun Pelajaran 2012/2013 ”Di Kalimanatan Barat
Handayaningrum, 2013. Diskusi kelompok (dalam skripsi Pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung. http://jurnal.bki.unishy.ac.id
Latipun. 2015. Psikologi konseling edisi keempat. malang. UMM
Komalasari 2011, teknik-teknik konseling. Jakarta. indeks
Maesaroh, imas.2008. Peran Sekolah Dalam Memebentuk Solidaritas Siswa (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Ciputat. http://untan.ac.id
Nasution, Zulkarnain. 2009. Solidaritas Sosial dan Partisipasi Masyarakat Desa Transisi. Malang: UMM Press
Nasution, Zulkarnain. 2010. Konflik dan Lunturnya Solidaritas Sosial Masyarakat Desa Transisi, (Online). (http://berkarya.um.ac.id/2010/02/05/konflik-dan-lunturnya-solidaritas-sosial-masyarakat-desa-transisi-oleh-zulkarnain-nasution) diakses pada tanggal 25 Februari 2018 pukul 09:45
Nur, Rohman, B.2016.SOLIDARITAS Sosial Geng Pelajar ‘Z’(Studi Kasus Di SMK Z Yogyakarta) Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nurhadi. 2010. Solidaritas (Masyarakat Perkotaan Dan Pedesaan), (Online) (Http://Nurhadiprabowo.Blogspot.Com/2010/11/Solidaritasmasyarakat -Perkotaan-Dan.Html) Diakses Pada Tanggal 25 Februari 2018 Pukul 14:30
Purwadaminto, Cita, Dkk.2013. Sikap Solidaritas Dalam Skripsi Peran Sekolah Dalam Memebentuk Solidaritas. http://.untan.ac.id
Rahmawati, Siti. 2017. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung. http://jurnal.mahasiswa.ac.id
Restuyah, Sanjaya. Jenis Teknik Diskusi (Dalam Skripsi Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung. http://jurnal.unesa.ac.id
Romlah, dkk. (Komalasari,201), teknik-teknik konseling. Jakarta.indeks
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif , dan R&D). Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sabri, tohirin, 2012. Teknik Diskusi (Dalam Skripsi Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017). (Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Suharsimi.Margono.2006. Prosedur Penelitian. Kualitatif, Kuantitatif, Alfabeta: Bandung
Zuhairini, dkk. 2012. Faktor-Faktor Teknik Diskusi Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP N 19 Bandar Lampung . http://juralmahasiswa.ac.id
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.